; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Jelang Akhir September, Sekolah Adakan Sumatif Tengah Semester

Selasa, 26 September 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 646 Kali

Smansade Update – Dua bulan sudah tahun ajaran 2023/2024 berlangsung. Dua bulan pula peserta didik mendapatkan asupan ilmu, wawasan, dan pengetahuan. Kini saatnya untuk mengukur kemampuan mereka melalui Sumatif Tengah Semester.

Sumatif Tengah Semester (STS) Gasal 2023/2024 resmi dilaksanakan sejak kemarin Jumat (22/09/2023). Kelas X, XI, dan XII secara serentak mendapatkan porsi ujian sesuai dengan tingkatan ilmunya.

Sistem STS dilakukan dengan model paper-based. Soal-soal yang dibuat untuk semua disiplin ilmu berbentuk uraian dengan level HOTS (High Order Thinking Skill). Soal-soal tersebut harus dapat diselesaikan peserta tes dalam waktu 60 menit per mata pelajaran. Hal tersebut sesuai dengan kultur Smansade dan tujuan pendidikan untuk mencetak insan-insan dengan kemampuan analisis dan berpikir kritis sesuai dengan perkembangan zamannya.

Sumatif Tengah Semester tidak hanya berfokus pada penilaian kemampuan akademik peserta didik, namun juga sekaligus mengajarkan pendidikan karakter. Hal tersebut ditegaskan oleh wakil kepala bidang kurikulum, Waluyo Sudarmo, S.Pd., M.Pd dalam rapat koordinasi yang dilangsungkan beberapa waktu lalu.

"Saya tekankan sekali lagi untuk bapak/ibu pengawas ruang tes, tolong tekankan mental kejujuran kepada siswa-siswi. Kita harus tegas dan disiplin demi mencetak generasi-generasi penerus dengan karakter jujur dan fair. Langsung tindak tegas bagi yang melanggar komitmen kejujuran," tegasnya.

Sumatif Tengah Semester (STS) berlangsung dari 22-28 September 2023. Selama pelaksanaan tes, segala bentuk kegiatan organisasi maupun ekstrakurikuler direhatkan agar peserta didik dapat memfokuskan diri sepenunnya pada STS yang dijalaninya.

Sumatif Tengah Semester, salah satu titik pemberhentian untuk mengukur kemampuan akademik sekaligus menguji pembentukan karakter jujur dan disiplin peserta didik. (BA/Hum).

Sekolah Ujian Kurikulummerdeka
  1. TULISAN TERKAIT