; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Persiapkan SNBP 2024, Sekolah Rilis Daftar Peserta Didik Terkategori Eligible

Kamis, 18 Januari 2024 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 839 Kali

Smansade Update – Jenjang sekolah menengah atas diibaratkan sebagai terminal pemberhentian sementara. Beragam disiplin ilmu diberikan. Tersaring dan mengerucut menjadi beberapa pilihan sesuai dengan preferensi, minat, dan kemampuan. Demi menempuh perjalanan dan jenjang berikutnya. Perguruan Tinggi.

Musim semester genap, khususnya untuk kelas XII memiliki vibes tersendiri. Hal tersebut dikarenakan sepanjang semester genap nanti, selain masih fokus dalam pembelajaran dan mengikuti ujian kelulusan, juga disibukkan dengan persiapan menentukan langkah berikutnya setelah dinyatakan lulus sekolah. Salah satunya melalui event Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, atau yang awamn disebut SNBP merupakan program pencarian dan penelusuran dalam merekrut calon-calon mahasiswa baru melalui portofolio prestasi akademik (nilai rapor) dan non-akademik. Melalui program ini, peserta didik kelas XII dapat mendaftar perguruan tinggi negeri tanpa tes. Singkatnya, SNBP merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri berbasis nilai rapor semester I hingga semester V.

Namun, tidak semua peserta didik dapat terakomodir dalam kesempatan mengikuti SNBP. Hanya yang berkualifikasi eligible yang mendapatkan kesempatan tersebut. Eligible sendiri merupakan sistem pemeringkatan kelas XII secara paralel berdasarkan rata-rata nilai rapor semester I-V.

Tahun 2024, SNBP memberikan kesempatan sebanyak 40% kepada setiap satuan pendidikan untuk menentukan daftar peserta didik yang masuk kategori didalamnya. Adapun di lingkungan SMAN 1 Demak, dimana jumlah keseluruhan kelas XII sebanyak 420 telah dirilis |yang masuk kategori eligible baik untuk jurusan MIPA maupun IPS. Jurusan MIPA mengakomodir 130 peserta sedangkan untuk IPS sebanyak 44 siswa-siswi.

Selanjutnya, mereka yang masuk dalam kategori eligible akan mengikuti program dari sekolah seperti membuat akun, memilah dan memetakan jurusan perkuliahan, konsultasi dengan pihak BK, dan digelar pertemuan wali murid dengan pihak sekolah.

Bagi yang belum masuk kategori eligible SNBP 2024, masih ada jalur lain untuk ditempuh masuk perguruan tinggi negeri seperti SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan UM (Ujian Mandiri).

Tautan lengkap untuk mengunduh daftar peserta didik eligible SNBP 2024 SMAN 1 Demak klik https://smanegeri1-demak.sch.id/download/snbp-2024

Selamat berjuang, selamat berproses, dan selamat menentukan langkah untuk masa depan! (BA/Hum).

Sekolah Snbp Kurikulum

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT