; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Karakter Berwirausaha : Melatih Diri Munculkan Jiwa Berbisnis Melalui P5

Minggu, 26 Mei 2024 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 423 Kali

Oleh: Liahsana Nadia (Jurnalistik Smansade, X-1)

Penyunting: Baihaqi Aditya, S.Pd

Smansade Update- Jiwa usaha dapat ditumbuhkan melalui beragam cara. Demi menghadapi kompleksitas zaman yang terus berkembang, kemampuan berwirausaha coba untuk dimunculkan. Salah satunya melalui ajang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Berdasarkan aturan Kemendikbudristek No.56/M/2022 tentang Kurikulum Merdeka yang terdapat muatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau acapkali lebih populer dengan istilah P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan pencapaian kompetensi. Selain itu juga sebagai upaya mewujudkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Penerapan P5 wajib dilaksanakan oleh sekolah-sekolah yang berada di Indonesia. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui peraturan yang mengikat tersebut membuat SMA Negeri 1 Demak pada Senin, 20 Mei 2024 mengadakan P5 kelas X dengan mengambil tema ketiga yaitu kewirausahaan.

Sebelumnya, SMA Negeri 1 Demak mengawali proyek P5 dengan menggunakan tema suara demokrasi pada tanggal 02 Oktober 2023. Kemudian dilanjutkan dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan pada tanggal 18 Maret 2024. Namun, untuk pelaksanaan tema kedua tersebut terjadi kendala karena saat itu wilayah Demak terkena bencana banjir terparah sejak 30 tahun terakhir. Hal tersebut membuat peserta didik mengadakan P5 dengan tema kedua tersebut secara daring di kediaman masing-masing. Kemudian, dengan menggunakan tema kewirausahaan yang dimulai pada 20 Mei 2024 menjadi penutup P5 pada jenjang kelas X Tahun Ajaran 2023/2024.

Kewirausahaan diadakan selama tiga hari berturut turut. Dimulai sejak Senin, 20 Mei 2024 sampai Rabu, 23 Mei 2024.

Pada hari Senin (20/05/2024), dimulai dengan pembuatan pop-up book secara berkelompok yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah dengan berisi 6 kelompok pada masing masing kelas. Pembuatan pop-up book berisi tentang tokoh wirausaha sukses di indonesia dan bagaimana tokoh tersebut dapat bisa kita jadikan inspirasi untuk kesuksesan diri sendiri di masa mendatang. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan logo makanan atau minuman yang sudah ditetapkan oleh para guru koordinator P5. Kelas dengan kode angka genap mendapatkan menu minuman dan kelas berangka ganjil menyajikan menu makanan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan proposal usaha yang akan dipresentasikan di kelas masing masing.

Berkelompok membuat buku timbul (pop-up book)

Dokumentasi Pribadi

 

Hari kedua pelaksanaan P5 Selasa (21/05/2024) diawali dengan pembuatan uji coba makanan atau minuman yang dibuat oleh masing masing kelompok agar dapat dinilai oleh para guru. Indikator penilaian dapat berisi kekurangan apa yang terdapat pada makanan atau minuman tersebut agar bisa lebih baik lagi untuk diperdagangkan pada hari berikutnya. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat foto estetik dari produk yang dibuat agar bisa dipromosikan pada platform sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Para peserta didik kelas X tidak hanya membuat foto estetik pada saat uji coba resep hari itu, mereka juga melakukan promosi dengan pembuatan poster produk dan video dengan kreativitas masing masing kelompok agar menarik perhatian khalayak ramai untuk membeli produk tersebut.

Latihan membuat produk langsung bersama rekan kelompok

Dokumentasi Pribadi

 

Rabu (22/05/2024) sebagai hari ketiga pelaksanaan  menjadi puncak dari Kegiatan P5. Puncak kegiatan P5 diawali dengan diadakannya Pasar Raya untuk kelas X. para siswa kelas 10 berjualan di lapangan tengah SMA Negeri 1 Demak seperti pedagang yang menjual makanan dan minuman di pasaran melalui stand-stand di setiap kelasnya. Masing-masing kelas juga menghias stand sesuai dengan kreativitas mereka. Beragam makanan dan minuman yang diperjualbelikan di Pasar Raya seperti: rice bowl, kebab, pisang coklat, es dawet, kolak, es mojito dan lainnya. Hal ini tentu menjadi pengalaman baru bagi siswa-siswi khususnya kelas X yang belajar cara berwirausaha, mengelola uang, mengelola pemasukan, merinci pengeluaran, belajar tentang etika terhadap para pembeli (keramahtamahan) dan unsur-unsur lain yang melekat didalamnya.

Kegiatan puncak P5 tidak hanya dimeriahkan oleh kelas X saja melainkan kelas XI juga ambil bagian karena juga memiliki kegiatan lain P5 seperti ditugaskan untuk membuat suatu pentas seni yaitu musikalisasi puisi dan drama musikal yang bertempatkan panggung di tengah lapangan SMA Negeri 1 Demak.

Kemeriahan Pasar Raya P5

Dokumentasi Pribadi

Salah satu peserta didik yang berpartisipasi mengikuti kegiatan P5 kali ini, Aghnia Farkha Gholiyana menuturkan bahwa tema kewirausahaan untuk P5 tahun 2024 sangat menarik dan mengasyikkan untuk dilakukan.

“Saya merasa, tema kali ini cukup menarik bagi saya! Membuat pop-up book dan proposal usaha memang menjadi ciri khas P5 di sekolah kita. Saya paling menikmati yang waktu pasar raya kemarin karena dapat belajar melayani pembeli dengan ramah, berperilaku adil dan sopan yang membuat pembeli betah bertransaksi dengan stand saya. Pokoknya, setidaknya dari kegiatan wirausaha ini dapat mendatangkan pengalaman kepada kita dan berguna di masa depan,” ujar siswi dari kelas X-1 tersebut.

Acara P5 tahun 2024 semakin meriah dengan pengumuman kelas pemenang. Jadi, selain P5 ini dilakukan kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi bagi para siswa untuk kerja keras yang sudah mereka lakukan. Penilaian untuk Kelas X adalah kategori penampilan stand bazar yang paling menarik dan kreatif. Juara pertama diraih oleh X-2, disusul X-8 sebagai juara kedua, dan X-12 sebagai juara ketiga.

Para pemenang lomba di persilahkan untuk maju ke atas panggung untuk menerima hadiah langsung dari para guru SMA Negeri 1 Demak, dan kegiatan project P5 tahun ajaran 2023/2024 ditutup dengan penampilan musik dari band SMA Negeri 1 Demak.

P5 Kewirausahaan SMAN 1 Demak, latih jiwa entrepreneur untuk hadapi tantangan di masa depan! (LN/BA/Hum).

Sekolah P5 Wirausaha

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT