; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Jaga Produktivitas dan Kejujuran di Bulan Ramadan Melalui Pelaksanaan STS Genap dan PAT 2024

Senin, 01 April 2024 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 584 Kali

Oleh: Tsalisa Qurroti Aina (Jurnalistik Smansade, XI-7)

         Nabila Safinatun Nafisa (Jurnalistik Smansade, XI-7)

Penyunting: Baihaqi Aditya, S.Pd

 

Smansade Update—SMA Negeri 1 Demak telah merampungkan tahap evaluasi atas kegiatan proses pembelajaran selama setengah semester melalui pelaksanaan Sumatif Tengah Semester (STS) Genap 2024. Asesmen tersebut menjadi ajang tolak ukur pemahaman materi yang telah diajarkan selama setengah semester dan forum diskusi atau belajar bersama dengan teman sebaya—teman sekelas. Sementara jenjang kelas XII, disaat yang bersamaan juga menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk menentukan nilai rapor semester VI.

Euforia pelaksanaan STS Genap dan PAT tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Di mana kegiatan tersebut berlangsung selama empat (4) hari. Dimulai dari hari Senin tanggal 25 Maret hingga Kamis tanggal 28 Maret 2024. Terlihat cepat dengan 3-4 mata pelajaran per harinya. Selain itu, pelaksanaan STS Genap dan PAT bertepatan dengan bulan Ramadan. Dimana para siswa yang beragama Islam melaksanakan kewajiban berpuasa. Hal ini tak menghentikan produktivitas civitas dalam mempersiapkan segala keperluannya.

Menggunakan tekad guna mencapai proses dan nilai terbaik, civitas Smansade juga telah menghadapi berbagai tantangan ketika mendekati hingga mengikuti pelaksanaan STS dan PAT. Salah satunya adalah bencana banjir yang sempat melanda beberapa wilayah di Kabupaten Demak. Biarpun banyak ujian yang menghadang, tak sedikit pun melunturkan semangat para civitas. Mereka telah berhasil menunjukkan dedikasi dan  kerja keras mereka demi meraih hasil yang memuaskan.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Waluyo Sudarmo, S.Pd., M.Pd., M.Si menuturkan sekaligus menegaskan bahwa kegiatan STS untuk kelas X dan XI maupun PAT untuk kelas XII sebagai media untuk membentuk karakter siswa-siswi SMAN 1 Demak yang baik dan jujur.

“Tak henti-hentinya bapak/ibu SMAN 1 Demak kita sebagai pendidik memastikan bahwa selama pelaksanaan STS dan PAT, wajib melakukan controlling penuh agar kegiatan berlangsung sebagaimana mestinya. Akhlak kejujuran menjadi prioritas utama kita. Mari kita kawal anak-anak didik kita menjadi insan-insan yang berkelakuan baik nantinya melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,” terang guru fisika tersebut.

Menyikapi hasil PTS, para tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Demak juga berperan penting dalam pemberian feedback konstruktif pada civitas. Ketika jam pengerjaan STS selesai, para guru pengawas memberikan dorongan serta motivasi pada siswa guna terus meningkatkan prestasi mereka pada masa mendatang.

Namun, tak hanya sekadar angka atau nilai. STS turut menunjukkan sejauh mana siswa-siswa mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di lingkungan sekolah. Perilaku disiplin, kolaborasi, serta kejujuran menjadi bagian utama dan tidak pernah terpisahkan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Demak.

Berakhirnya STS dan PAT bukan berarti perjuangan usai. Peserta didik dan tenaga pendidik akan terus bekerja keras untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Semangat belajar yang tinggi, penerapan sikap kejujuran, serta komitmen untuk menjadi yang terbaik tetap menjadi landasan utama dalam perjalanan pendidikan di sekolah ini.Prestasi baik, jujur lebih utama! (TQA/NSN/BA/Hum).

Sekolah Ujian Literasi

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT