; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Gelar Karya, Wadah Aktualisasi Siswa Mempraktekkan Kemampuan Berwirausaha

Rabu, 22 Maret 2023 ~ Oleh Umi Tsaniyatul Latifah ~ Dilihat 276 Kali

Smansade Update – Puncak Kewirausahaan program P5 mencapai titik puncaknya. Keadaan konkret di lapangan menjadi tantangannya. Kini, saatnya siswa-siswi merealisasikan yang kemarin dari ide menjadi hal yang menghasilkan.

Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) diadakan Senin, 20 Maret 2023 di lapangan tengah SMA Negeri 1 Demak.

Sedari pagi siswa-siswi kelas X sibuk mempersiapkan produk kewirausahaan dalam rangka gelar karya P5. Sebagian ada juga yang menata stand kelas masing-masing. Semuanya berusaha maksimal menyajikan karya terbaiknya. Gelar karya merupakan penutup kegiatan P5 tahun ajaran 2022/2023, yang diawali dengan tema Suara Demokrasi (05/10/2022), kemudian disambung dengan Gaya Hidup Berkelanjutan (30/01/2023 – 01/02/2023) dan garis finish-nya tema saat ini, yaitu Kewirausahaan (15-17/03/2023).

Sebelumnya, peserta didik melaksanakan persiapan dimulai sejak hari Rabu (15/03/2023). Dimulai pada hari tersebut, eserta didik mendapatkan materi tentang kewirausahaan, dilanjutkan dengan tugas membuat proposal usaha yang akan dilaksanakan sesuai pembagian kelompok masing-masing. Tiap kelas dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok dapat memilih menu food and beverage apa yang akan disajikan pada gelar karya.

Pada hari Kamis, peserta didik latihan membuat sampel produk yang akan dijual untuk dipasarkan pada Gelar Karya. Segala perlengkapan dipersiapkan secara mandiri oleh peserta didik. Mulai dari alat masak, bahan, kemasan, sampai ke label produk disiapkan peserta didik. Hal ini dapat memupuk rasa gotong royong, mandiri dan kreatif sebagai bagian dari karakter profil pelajar Pancasila. Pada hari Jum’at, peserta didik belajar membuat buket snack, siswa bebas memilih snack apa yang akan dijadikan buket, dan bentuk kreasi apa yang akan dibuat  nantinya produk ini juga turut dipasarkan pada Gelar Karya.

Memasarkan beragam produk buatan siswa-siswi

 

Senin pagi Gelar Karya P5 dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah. Diawali dengan pertunjukan tari dari tim seni tari. Tiap kelas sesuai kreatifitasnya mencoba menawarkan produk kepada pengunjung stand, tak lupa mereka menunjukkan buku daftar menu apa saja yang disajikan. Lihai sekali memerankan cosplay sebagai FnB sales ini. Sehingga tidak butuh waktu lama, hanya dalam waktu singkat produk yang dipasarkan laku terjual. Terlambat datang ke stand sedikit saja, status sudah run out of stock (stok habis). Total terdapat 12 stand yang merepresentasikan jumlah total kelas X.

Salah satu peserta Gelar Karya, Erina Zahra Salsabila menyatakan jika Gelar Karya menjadi hal baru, menantang, sekaligus menyenangkan.

“Gelar Karya menjadi hal yang menantang ya, karena kita siswa-siswi kelas X diliatih menumbuhkan kemampuan berwirausaha sebagai side skill untuk menghadapi tantangan ke depan. Manajemen waktu, kemampuan berkomunikasi, dan kerjasama dilakukan dalam satu event. Ini saja pesanan banyak dari satu angkatan, kakak kelas, maupun bapak/ibu guru. Apalagi penggunaan media sosial sebagai wahana marketing sangat efektif. Seperti sudah Pre-Order (memesan terlebih dahulu). Asyik sih, semoga acara positif seperti ini tetap ada di tahun-tahun mendatang,” ungkap siswi dari X-5 tersebut.

Melalui tim dewan juri yang berkeliling selama acara, setiap stand dinilai hingga mendapatkan predikat yang terbaik. Adapun hasil penilaian dewan juri, tiga stand terbaik pada helatan Gelar Karya P5 2023 adalah kelas X-3, X-8, dan X-12.

Gelar Karya P5 2023, terobosan baru untuk siswa-siswi di jenjang SMA agar dapat melatih kemampuan berwirausaha. (UTL/BA/Hum).

Sekolah P5 Wirausaha
  1. TULISAN TERKAIT