; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Latih Karakter Berdemokrasi dan Kearifan Lokal Daerah Sendiri dengan Program P5 Terintegrasi

Jum'at, 06 Oktober 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 481 Kali

Smansade Update – Kurikulum Merdeka memiliki keunikan dengan adanya proyek penguatan profil pelajar pancasila atau lebih familiar disebut P5. Menumbuhkan dan melatih karakter-karakter yang pancasilais, siswa-siswi SMAN 1 Demak mengimplementasikannya. Melalui tema suara demokrasi dan kearifan lokal, P5 Semester Gasal Tahun Ajaran 2023/2024 digiatkan.

Awal Oktober, kelas X dan XI SMAN 1 Demak telah disibukkan dengan agenda besar P5. Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini implementasi Kurikulum Merdeka sedang gencar-gencarnya dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Terjadwal sejak Senin hingga Kamis (02-05 Oktober 2023) P5 diselenggarakan.

Terdapat perbedaan tema yang diusung pada implementasi P5 di tahun kedua SMAN 1 Demak menerapkan Kurikulum Merdeka. Jenjang kelas X bertema ‘Suara Demokrasi’ sedangkan untuk kelas XI dipilihkan tema ‘Kearifan Lokal’.

Tema ‘Suara Demokrasi’ menjadi wadah progresif untuk mengenalkan dan menumbuhkan jiwa-jiwa berdemokrasi dikalangan siswa-siswi. Sejurus juga dengan momen adanya Pesdesis dan Pesdeka (pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK periode 2023/2024) yang digawangi oleh MPK SMAN 1 Demak.

Membuat refleksi kegiatan P5 dan berdemokrasi di lingkungan sekolah dalam bentuk mind mapping (X-6)

Seperti yang pernah disampaikan kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd, M.Pd bahwa keberadaan demokrasi sangat penting untuk menjaga marwah kehidupan berpolitik kehidupan di Republik Indonesia dan sesuai amanat Pancasila.

“Program P5 merupakan salah satu unsur vital dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Tidak hanya mendapatkan ilmu-ilmu mata pelajaran belaka, namun anda sekalian, khususnya kelas X karena masih benar-benar baru, juga diharapkan mampu mengimplementasikan dimensi-dimensi dalam Pancasila secara benar. Nah, tema ‘Suara Demokrasi’ sangat sesuai dengan adanya Pesdesis-Pesdeka di lingkungan sekolah. Tunjukkan karya-karya luar biasa anda dalam P5 dan gunakan hak suara sebagai bagian dari pendidikan demokrasi,” jelasnya dalam pembukaan P5 2023/2024.

Selama empat hari, kelas X disibukkan untuk dapat belajar, bekerjasama, gotong royong, dan mandiri menyelesaikan penugasan-penugasan yang telah dibuat oleh tim koordinator P5 sekolah. Adapun penugasan dalam P5 ‘Suara Demokrasi’ kelas X sebagai berikut:

  1. Membuat alat peraga kampanye
  2. Mengikuti kampanye terbuka calon ketua OSIS dan calon ketua MPK SMAN 1 Demak
  3. Membuat video pendek layanan masyakarat bertema ‘sadar demokrasi’
  4. Mengikuti debat terbuka calon ketua OSIS SMAN 1 Demak
  5. Mempraktekkan debat dengan kaidah demokrasi melalui isu-isu terkini
  6. Menggunakan hak suara pada hari pemilihan (05/10/2023)
  7. Membuat video testimoni tentang kehidupan berdemokrasi di sekolah
  8. Membuat refleksi kegiatan P5 ‘Suara Demokrasi’ dalam bentuk Mind Mapping 3D

Sementara itu, untuk jenjang kelas XI tema P5 yang ditentukan adalah ‘Kearifan Lokal’. Beberapa produk terkait dengan identitas budaya Demak Kota Wali menjadi tantangan untuk diwujudkan. Memadukan program P5 dengan mengenalkannya pada budaya setempat menjadi kombinasi tepat untuk membuat generasi pelajar Smansade tahu lebih dalam tentang hasil budaya dari Demak yang telah ada sejak era Kesultanan Demak 500 tahun silam.

Menggunakan tanggal, hari, dan durasi jam yang sama dengan kelas X, kegiatan P5 ‘Kearifan Lokal’ untuk kelas X difokuskan mampu menghasilkan:

  1. Motif batik Demak’an secara sederhana
  2. Sarung bantal dari motif batik Demak’an
  3. jamu coro
  4. sego ndoreng

Produk-produk yang harus dibuat bersifat kelompok namun dengan sistem penilaian individu sehingga asas keadilan, transparan, dan berbasis dengan fakta lapangan menjadi indikator utamanya.

Bekerjasama dan saling belajar praktek membuat jamu coro, minuman tradisional khas Demak Kota Wali (XI-3)

Mempelajari marwah berdemokrasi dan menggali kembali identitas diri daerah melalui kearifan lokal menjadi harga mutlak untuk generasi-generasi pelajar Kurikulum Merdeka. Demi kemajuan Bangsa ke depannya yang semakin progresif, unggul, dan bermartabat sesuai nilai-nilai Pancasila.

P5 Suara Demokrasi  Smansade 2023/2024, be Creative through Democratic!

P5 Kearifan Lokal Smansade 2023/2024, Kenali dan Implementasi Kultur Daerah Sendiri!

(BA/Hum).

Sekolah P5 Kurikulummerdeka
  1. TULISAN TERKAIT