; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Rangkaian Ulang Tahun, Sekolah Gelar Seleksi Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah 2022

Jum'at, 29 Juli 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1042 Kali

SMAN 1 Demak Update- Raut muka serius tampak terukir jelas di wajah anak-anak kelas X dan XI. Gawai dihadapan mereka menjadi objek yang menjadi perhatian utama. Mengerahkan kemampuan akademik terbaik dimiliki, demi mengisi satu dari empat puluh lima formasi yang menanti.

Memasuki hari kedua dalam rangkaian kegiatan HUT SMAN 1 Demak ke-58, pada Rabu (27/06/2022) ada seleksi yang telah dijadwalkan. Kompetisi tingkat sekolah yang sekaligus sebagai persiapan menghadapi KSN 2022 mendatang. Diikuti lebih dari 800 peserta yang merupakan siswa kelas X dan XI.

Kepala Sekolah melalui Wakil kepala bidang kurikulum, Waluyo Sudarmo, S.Pd., M.Pd., M.Si menyampaikan, Saat ini salah satu indikator sekolah memiliki mutu pendidikan yang baik adalah dengan menjuarai dan mengirimkan wakil-wakilnya di KSN (Kompetisi Sains Nasional) pada tingkat kabupaten, provinsi, dan syukur-sukur nasional.

"Oleh karena itu, dengan momen yang tepat ini (merayakan HUT sekolah ke 58), kita akan melakukan seleksi secara masif demi mendapatkan bibit-bibit terbaik yang nantinya dapat kita tempa untuk dapat menjaga bahkan meningkatkan prestasi sekolahan ini dibidang KSN. Nantinya akan banyak hadiah, reward, dan perhatian kepada mereka-mereka yang terpilih,” ujar guru pengampu mata pelajaran fisika tersebut.

Sembilan bidang KSN yang diujikan antara lain: fisika, kimia, biologi, matematika, ekonomi, geografi, kebumian, astronomi, dan nformatika.

seleksi dilakukan secara online melalui gawai masing-masing (smartphone atau laptop). Terdapat 24 ruang untuk diujikan. Setiap ruangan berisi 36 peserta dengan format setengah kelas X dan sisanya dari kelas XI. Peserta diwajibkan untuk mengikuti 3 dari 9 mata pelajaran yang diujikan.

Seleksi dibagi dalam 3 sesi dengan waktu 90 menit tiap sesi lomba. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 hingga 09.30 WIB. Kemudian memasuki sesi kedua, diujikan pada pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Sesi ketiga dimulai pukul 13.00 dan berakhir pukul 15.00 WIB.

para peserta sedang serius mengerjakan dengan Gawai masing-masing

Ketika ada kendala pada gawai peserta maupun mereka yang belum terbiasa dengan sistem tersebut, proktor pada setiap ruangan berperan sebagai fasilitator yang selalu siap mengarahkan dan membantu.

Salah satu peserta, Muhammad Naufal Ali Imron mengatakan jika ini adalah pengalaman perdananya mengikuti seleksi akbar. 

“Tadi mengerjakan geografi, kebumian, dan astronomi. Semuanya memiliki tingkat kesulitan yang menantang. Ini menjadi pengalaman baru dan berharga bagi saya pribadi. Mudah-mudahan nanti yang terpilih dapat mewakili sekolah ditingkat yang lebih tinggi,”ujar siswa kelas X-8 tersebut.

Kompetisi Sains Nasional tidak hanya sekedar gelaran tahunan untuk mengukur indeks kualitas sekolah, lebih dari itu event tersebut memacu peserta didik untuk terus memiliki kultur cerdas, santun, dan berprestasi. (UTL/Ba/Cr/Hum).

Sekolah Kurikulum Ksn
  1. TULISAN TERKAIT