; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Bagian dari Sistem dan Pendidikan Karakter, Sekolah Helat PAS dan PTS di Triwulan Pertama 2023

Selasa, 07 Maret 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 634 Kali

Smansade Update- Tes tidak hanya tentang menyelesaikan soal-soal yang diujikan dan diukur menggunakan penilaian berbasis angka. Lebih dari itu, tes adalah aktualisasi diri.

Tirai Bulan Maret telah dibuka. Lembar cerita baru dibulan ketiga tahun ini sudah disiapkan. Pena pun menunggu untuk digoreskan. Alur catatan awal Maret di lingkungan SMAN 1 Demak dimulai dengan helatan Pekan Tengah Semester (PTS) sekaligus pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap Tahun Ajaran 2022/2023.

Rabu (01/03/2023) menjadi awal hari untuk jenjang kelas X, XI, dan XII menghadapi PTS dan PAS. Helatan tengah semester 2023 dimaksudkan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan peserta didik dalam mengetahui dan memahami berbagai materi dari mata pelajaran yang telah mereka terima sejak Januari.

Sistem otonomi satuan pendidikan memberikan banyak benefit. Beberapa diantaranya yakni bebas dalam menerapkan konsep dan teknis pelaksanaan PTS dan PAS. Gelaran tahun ini, baik PTS maupun PAS yang diujikan berbentuk soal uraian. Banyaknya butir soal yang diujikan pun bebas sesuai dengan kesepakatan masing-masing satuan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dengan catatan dapat melingkupi durasi waktu 90 menit.

Terdapat perbedaan fundamental terkait pelaksanaan PTS dan PAS secara bersamaan. Jenjang kelas X dan XI berjibaku dengan PTS sedangkan untuk tingkat kelas XII harus mampu menyelesaikan rangkaian PAS yang nanti akan menjadi nilai akhir rapor untuk semester enam.

Tidak sekedar kecerdasan akademi yang diukur, kemampuan manajemen diri dalam kejujuran justru menjadi poin utamanya.

 

Lebih dari itu, pelaksanaan PTS dan PAS ditekankan selain menguji kemampuan akademis peserta diidk, juga mengajarkan sikap karakter jujur. Seperti yang ditegaskan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Waluyo Sudarmo, S.Pd., M.Pd., M.Si dalam rapat sebelum pelaksanaan (28/02/2023)

“Bapak/ibu guru perlu ditegaskan kembali kepada seluruh peserta didik di ruangan yang nanti diawasi bahwa baik PTS maupun PAS tidak hanya berbicara soal nilai, namun juga edukasi karakter jujur dan disiplin waktu. Kejujuran adalah kunci utama agar anak-anak kita nantinya dapat survive secara terhormat dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Rangkaian PTS dan PAS berdasarkan jadwal yang telah dibuat, yaitu tanggal 01-09 Maret 2023. Peserta didik diharapkan dapat mengerjakannya secara maksimal sesuai kapasitas yang dapat dikuasainya, disiplin waktu, dan berperilaku jujur.

Prestasi penting, jujur yang utama! (BA/Hum).

Sekolah Pts Pas
  1. TULISAN TERKAIT