; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Napak Tilas Jejak di Desa Bowongso (3): Nuansa Hunian Pegunungan Nan Indah dalam Ingatan

Jum'at, 23 Desember 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 607 Kali

SMAN 1 Demak Update- Hangatnya mentari sudah muncul sejak dini. Membilas tembok-tembok rumah penduduk dan menembus kabut yang menutup desa semalam suntuk. Hari baru telah dimulai sekaligus menjadi tanda kegiatan homestay akan segera diakhiri.

Rabu (21/12/2022) pagi, sekitar pukul 06.00 WIB suasana sibuk langsung menyapa. Sesuai dengan jadwal hari ketiga sebagai penutup kegiatan, bersih-bersih hunian induk semang menjadi agenda kegiatannya. Selain itu, peserta sekaligus juga melakukan ramah-tamah berpamitan dengan “orang tua asuhnya” di Desa Bowongso.

Usai kegiatan bersih-bersih selesai, dilanjutkan dengan program plangisasi. Semacam aktivitas memberikan penanda, penunjuk jalan, maupun himbauan kebersihan pada titik-titik tertentu yang dirasa cukup strategis. Hal ini juga bermaksud menunjukkan jika rombongan homestay SMAN 1 Demak pernah “menetap sementara” di Bowongso.

Plangisasi pemukiman terakhir berselimut awan

Kegiatan plangisasi selesai sekitar pukul 08.30 WIB. Rombongan peserta, panitia, maupun pendamping homestay kemudian bergerak menuju lapangan desa. Berlatarkan pemandangan Gunung Sindoro timurnya dan Kota Wonosobo dibawahnya, apel penutup kegiatan dilaksanakan.

 

“Kami sebagai perwakilan desa, menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam kepada siswa-siswi SMAN 1 Demak karena sudah berkenan tinggal, bersosialisasi, dan mengenal lebih dalam masyarakat Bowongso. Semoga jalinan silaturahmi yang terbentuk antara Desa Bowongso dengan SMAN 1 Demak selalu terkenang dalam ingatan dan pengalaman-pengalaman positif yang didapatkan dapat diaplikasikan dalam diri anda masing-masing,” ungkap perwakilan perangkat desa, Mudibussyin.

Perwakilan peserta juga memberikan testimoni usai menyelesaikan kegiatan homestay selama tiga hari dua malam dengan penuh antusias.

Alhamdulillah, melalui kegiatan homestay seperti ini, kami dapat lebih menggali tentang diri kami sendiri dan beradaptasi dengan kehidupan masyarakat secara langsung. Desa Bowongso luar biasa. Alamnya, pemandangannya, masyarakatnya, dan potensinya mengajarkan kepada kami langsung banyak hal tentang kehidupan. Semoga ke depan, Desa Bowongso semakin sejahtera dan kegiatan positif seperti homestay ini dapat semakin progresif pada kesempatan-kesempatan berikutnya,” ungkap Fariska Nandhiatus Sholekhah yang menjadi ketua OSIS SMAN 1 Demak periode 2022-2023 tersebut.

Rombongan homestay meninggalkan jejak dan kenangan di Desa Bowongso tepat pukul 09.00 WIB. Mesin kendaraan menyala, roda-roda besar kembali menggerus tanah dan kerikil Bowongso. Sejauh mata memandang, pemukiman terakhir manusia dengan segala potensi dan keunikannya di kaki gunung menjadi noktah putih dan kembali berselimut kabut berawan Gunung Sumbing. (BA/Hum).

(Selesai).

Sekolah Kesiswaan Homestay
  1. TULISAN TERKAIT