; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Memanfaatkan Liburan Sekolah Secara Produktif dan Positif

Minggu, 17 Desember 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 439 Kali

Oleh: Fara Rabbani Syihab (Jurnalistik Smansade 2023, X-1)

Penyunting: Baihaqi Aditya, S.Pd

Smansade Update-Liburan semester adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi. Inilah saat yang tepat untuk melepas penat dan rehat sejenak dari pelbagai tugas sekolah. Pada umumnya, libur semester dimanfaatkan dengan menghabiskan waktu seperti pergi ke tempat wisata, baik bersama keluarga, teman, maupun sendirian. Sebagiannya lagi juga memiliki caranya sendiri untuk menghabiskan libur semester hanya dengan berbaring di tempat tidur dan bermain games online via gawai pintarnya. Tidak salah memang, namun sangat disayangkan apabila liburan hanya lewat begitu saja tanpa diimbangi dengan pengalaman dan wawasan yang bertambah.

Liburan seyogyanya dapat dimanfaatkan dengan bijak dan benar. Tubuh dan otak juga perlu untuk diberi waktu istirahat setelah berbulan-bulan dipacu mengerjakan segala jenis tugas sekolah. Refreshing menjadi prioritas utamanya. Melalui refreshing dari aktifitas yang berhubungan dengan sekolah, diharapkan ketika menghadapi semester baru dengan beragam tantangannya yang semakin berkembang maka pikiran dapat segar lagi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan liburan. Jika kita memiliki akomodasi (dana) yang lebih dari cukup, maka melakukan perjalanan ke tempat wisata (alam, bangunan, wahana, dlsb) bersama keluarga tercinta, teman, bahkan sendirian menjadi opsi yang menarik.

Tanpa mengeluarkan dana lebih pun, sebenarnya tetap dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan hati dan menambah pengalaman positif tanpa harus memikirkan keluar duit banyak. Misalnya membaca buku, menonton film, memancing, merawat hewan dan tanaman, maupun hobi-hobi positif lainnya.

Keluarga merupakan prioritas yang penting. Kita bisa menjadwalkan kegiatan bersama seperti menjelajahi tempat wisata dan menonton film untuk memanfaatkan waktu liburan. Bahkan sekedar meluangkan waktu berbincang dengan anggota keluarga adalah sebuah kebahagiaan yang luar biasa. Menghabiskan waktu bersama keluarga selama liburan juga merupakan anugerah dan obat penenang pikiran yang tiada tara. Kita bisa berkumpul bersama keluarga, bercanda, makan bersama yang mungkin jarang dijumpai ketika beraktifitas pada jam kerja dan sekolah seperti hari biasanya. Berinteraksi dengan orang-orang yang kita sayangi dapat mendatangkan energi bahagia dan memperkuat hubungan antar anggota keluarga.

 “Buku adalah jendela dunia”, Peribahasa tersebut menggambarkan bahwa buku begitu penting karena memberikan wawasan dan pengetahuan bagi manusia. Saat liburan semester, kita juga dapat meluangkan waktu untuk membaca buku. Kita bisa memulai membaca buku dengan genre yang kita sukai dan bahasa yang ringan terlebih dahulu. Kita juga bisa membuat jadwal rutin membaca buku, sehingga membuat waktu liburan kita menjadi lebih produktif. Semakin sering kita membaca buku, maka kita dapat menambah jumlah kosakata baru yang dapat kita gunakan ketika berbicara maupun dalam bentuk tulisan dalam kehidupan sehari-hari.  

Ketika liburan, kita juga dapat mengisi waktu luang dengan berolahraga. Olahraga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya dapat menjaga Kesehatan tubuh dan meningkatkan kebugaran. Sehingga ketika kita beraktifitas kembali di sekolah, tubuh kita menjadi bugar dan pikiran kita lebih fresh. Kita bisa memilih aktifitas fisik yang disukai seperti bersepeda, berenang, badminton dan aktifitas lainnya. Berolahraga selama liburan juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat akibat tugas-tugas sekolah.

Memanfaatkan liburan semester dengan membuat karya seni merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan kreatifitas kita. Kita bisa berkreasi dengan cara menggambar, mewarnai, menulis cerita, menulis puisi atau bahkan membuat kerajinan tangan. Menanam tumbuhan juga dapat kita lakukan dalam mengisi waktu luang selama liburan. dengan menanam tumbuhan disekitar lingkungan rumah, kita juga sudah ikut menerapkan prinsip kimia hijau.

Pada dasarnya saat liburan sekolah, kita dapat mengisi waktu luang sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa melakukan berbagai macam aktifitas dan berkreasi untuk mengisi waktu liburan. Selama itu positif dan tidak melanggar norma yang berlaku. Berikan siswa tanggung jawab dan kepercayaan untuk mengisi waktu Liburan nya, biarkan mereka merdeka dalam berkreasi dan melakukan aktifitas yang menyenangkan dan positif sesuai dengan apa yang mereka sukai dan inginkan selama waktu liburan sekolah.

Jadikan liburan semester menjadi berkesan, positif, produktif, menyenangkan, dan menambah pengalaman serta wawasan. Happy Holiday! (FRS/BA/Hum).

Sekolah Liburan Budaya
  1. TULISAN TERKAIT