; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Idealisme Pelajar Kekinian dalam Memaknai Hari Guru

Sabtu, 25 November 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 446 Kali

Oleh: Arum Fakhrunnisa (Jurnalistik Smansade, X-9)

Penyunting: Baihaqi Aditya, S.Pd

 

Smansade Update-Sebelum hayat gugur, tiap insan muda teguh akan hasratnya untuk menjelajahi dunia dan tempat baru. Secara giat mengutip tiap pelajaran berharga untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih berpengetahuan. Atma dengan semangat yang berkobar, mengisi tiap tempat dengan motivasi dan mimpi. Tumbuh dan berkembang dibawah sang suri tauladan, guru.

Kehadiran guru merupakan tonggak utama dalam proses pembentukan karakter dan nilai-nilai positif pada generasi muda. Generasi yang lahir mulai tahun 1996 hingga 2012 atau Gen Z merupakan haluan prioritas guru. Hal ini karena Gen Z memiliki tanggungjawab untuk berada di garda terdepan yang akan menyejahterakan bangsa dan negara. Figur pendidikan ini tak hanya berperan sebagai penyampai pengetahuan, namun juga mengajarkan nilai moral.

Berbagai bentuk tindakan dilakukan demi dedikasinya untuk memajukan murid. Murid-murid yang diharapkan akan membawa kemajuan bagi negeri tercinta. Untuk itu, apresiasi guru hadir secara serentak tiap tanggal 25 November. Secarik apresiasi terhadap guru dapat dilakukan dengan cara mengikuti upacara Hari Guru sebagai bentuk perwujudan penghormatan dan dukungan kepada guru di tiap sudut Nusantara. Keikutsertaan Gen Z dalam mengikuti momentum tersebut agar Gen Z dapat lebih menghormati serta menghargai guru.

Menghargai guru dapat dilakukan mulai dari langkah kecil. Selain mengikuti pelaksanaan upacara Hari Guru, Gen Z dapat memberikan atensi dengan seksama dan mengerjakan tugas dari guru dengan baik. Tak lupa, memberikan sapaan hangat berupa mengucapkan salam tiap bertemu dengan guru dan berterimakasih atas pelajaran yang telah diberikan. Hal-hal tersebut dapat memeriahkan hati guru.

“Guru adalah orang tua kedua di sekolah,” kutipan tersebut mengandung makna untuk selalu menghormati, menyayangi, dan menaati nasihat guru bak orang tua di rumah. Para guru telah membimbing calon-calon penerus bangsa di Nusantara. Dengan semangat belajar yang tinggi serta rasa menghargai guru, bukan tak mungkin untuk Gen Z mencapai masa depan yang cerah. Sebagai warga negara yang baik, kita perlu ikut serta dalam peringatan Hari Guru Nasional 2023.

Guru, pembangun peradaban bangsa. Guru, pencetak insan cendekia. Selamat Hari Guru Nasional 2023, Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar! (AR/BA/Hum).

Sekolah Guru Opini
  1. TULISAN TERKAIT