; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Bersihkan Lingkungan, Perindah Taman, dan Kembalikan Fungsi Rumah Teumbuhan Melalui Momen Hari Bumi dan Air oleh Generasi Milenial

Senin, 22 Mei 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 482 Kali

Smansade Update- Bumi (tanah) dan air merupakan dua unsur alam yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya kedua hal itu, dipastikan peradaban manusia tidak akan dapat bertahan. Manusia ‘berhutang budi’ atas eksistensi kedua unsur tersebut.

Saat ini, meski tanah dan air masih tetap ada di muka bumi namun kondisinya dapat dikatakan sudah mengalami banyak perubahan. Sebagian masih terjaga namun tidak sedikit pula yang mengalami degradasi fungsi dan kondisi. Momen untuk terus menjaga kelestarian keduanya dituangkan dalam bentuk peringatan Hari Bumi dan Air. Siswa-siswi SMAN 1 Demak termasuk bagian dari generasi yang langsung lakukan aksi nyata didalamnya.

“Bumi dan air merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk kelangsungan umat manusia. Namun saat ini, di sekitar kita saja, kedua unsur tersebut dapat dikatakan mengalami banyak perbedaan. Tanah menjadi laut, sawah menjadi tambak, bahkan genangan air yang dibiarkan dapat menjadi kolam eceng gondok liar. Nah, ini gambaran kecil apabila manusia minim perhatian dengan kondisi alam. Disini, anda sekalian siswa-siswi Smansade yang saya banggakan diharapkan mampu ikut berkontribusi nyata peduli dengan alam, mulai dari skrup kecil yaitu lingkungan sekolah,” ujar kepala SMAN 1 Demak, Solikhin. S.Pd., M.Pd dalam sambutan apel Hari Bumi dan Air 2023.

Jumat (19/05/2023) pagi, diadakan apel peringatan Hari Bumi dan Air 2023. Pada hari itu, Siswa-siswi berpakaian olahraga karena nantinya akan ada beragam kegiatan yang membutuhkan gerak kinestetik.

Berlomba-lomba kumpulkan sampah di lingkungan sekolah

Dokumentasi Pribadi

 

Kegiatan dalam memperingati Hari Bumi dan Air 2023 di lingkungan SMAN 1 Demak terbagi menjadi beberapa bentuk, antara lain:

HeaTrash, siswa-siswi memungut sampah-sampah baik dari jenis organik maupun non-organik yang terlihat di lingkungan sekolah. Kemudian dimasukkan ke dalam trash bag (kantong sampah besar). Setiap kelas mendapatkan trash bag yang nantinya akan ditimbang oleh panitia. Kelas yang dapat memenuhi trash bag dengan massa terberat akan dipilih menjadi pemenang.

Emblazon Park, segmen memanfaatkan ruang-ruang taman kosong di depan tiap kelas dengan penanaman bibit tumbuhan. Jenis bibit tumbuhan yang ditanam adalah tanaman produktif dan hias. Diharapkan ke depannya nanti keberadaan taman semakin meriah, hijau, dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh civitas sekolah.

Revitalisasi Greenhouse (Rumah Tumbuhan), sudah cukup lama keberadaan greenhouse belum kembali dioptimalkan. Melalui event bumi dan air, siswa-siswi SMAN 1 Demak bergerak untuk kembali mengembalikan fungsi ‘rumah tumbuhan’. Setiap kelas memberikan sumbangsih berupa dua tanaman produktif dan satu tanaman hias. Kemudian panitia kegiatan dibantu siswa-siswi dari ekstrakurikuler pecinta alam Swapala Kalijaga SMANN 1 Demak yang menatanya.

Hari Bumi dan Air 2023 diikuti oleh 24 kelas yang terdiri dari kelas X dan XI. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan tumbuh benih-benih untuk sadar dan mencintai lingkungan.

Treat the World and you will be treated! (BA/Hum).

Sekolah Lingkungan Kebersihan
  1. TULISAN TERKAIT