; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Teruskan Budaya Positif Siswa Melalui Kartini Relli 2024

Rabu, 19 Juni 2024 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 868 Kali

Oleh:

Dinda Cahya Maghfiroh (Jurnalistik Smansade, XI-9)

Satria Adi Saputra (Jurnalistik Smansade, XI-11)

Vanessa Rose (Jurnalistik Smansade, XI-10)

 

Penyunting:

Baihaqi Aditya, S.Pd

Smansade Update-Mentari pagi menyambut raut wajah semringah siswa-siswi SMA Negeri 1 Demak yang mengenakan baju adat dari berbagi daerah. Pagi ini (13/06/24), seluruh elemen masyarakat SMANSADE kembali memperingati hari lahir Raden Ajeng Kartini dalam event Kartini-Relli yang bertema “Ajining Diri Tuwuh Saking Bumi Pertiwi”.

Kegiatan dibuka pada pukul 07.00 WIB dengan apel yang disambung dengan sambutan Solikhin S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Demak. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi pagelaran Kartini-Relli dengan penuh suka cita. Menurut Beliau, kegiatan ini sejalan dengan visi-misi SMA Negeri 1 Demak dalam upayanya mengembangkan bakat dan minat siswa-siswinya dengan kegiatan kreatif dan inovatif. Beliau juga memberi apresiasi kepada segenap panitia dan siswa-siswinya dengan kembali mengingatkan tentang masa perjuangan Raden Ajeng Kartini. Tak lupa, beliau juga turut memberi pesan kepada siswa supaya meneruskan perjuangan ibu Kartini dengan sungguh-sungguh demi keutuhan bangsa Indonesia.

OSIS SMA Negeri 1 Demak, selaku panitia, telah menyiapkan beberapa perlombaan, yakni; Raka-Nimas, Pameran Stand, Photo Shoot, dan MENARIK (Mendesain Jarik). Raka-Nimas dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB di panggung utama lapangan tengah. Sorak gembira pendukung masing-masing kelas menambah ramainya acara ini. Juri dari lomba tersebut merupakan perwakilan dari Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Demak 2023.

Lomba ini diikuti oleh sepasang siswa-siswi dari perwakilan dua kelas sebagai Raka dan Nimas. Setiap pasangan menggunakan pakaian adat dari suatu daerah untuk dipamerkan dalam ajang fashion show. Tak hanya itu, terdapat sesi unjuk bakat yang disaksikan langsung oleh seluruh peserta di panggung utama.

Disamping pagelaran Raka-Nimas yang meriah, para siswa mempersiapkan stand pameran mereka dengan berbagai dekorasi yang sudah disiapkan sejak pagi hari. Panitia menyediakan stand yang nantinya akan dihias oleh setiap kelas dengan tema mereka masing-masing. Mayoritas mengisi stan dengan nuansa batik beserta tokoh perjuangan Indonesia sebagai juru pintu. Sentuhan tradisional menjadi kunci kreativitas sekaligus inovasi pada karya yang menambah nilai kebudayaan pada setiap sudutnya.

Jarik menjadi senjata andalan bagi setiap kelas untuk merias stand dengan berbagai motif batik dari berbagai daerah. Mereka juga menambahkan beberapa elemen seperti manekin, wayang, foto pahlawan, lukisan, dan biografi, dan banyak lagi peralatan dan dekorasi yang disesuaikan dengan sejarah tokoh yang ditampilkan. Tokoh pemeran ini menduplikasi tokoh perjuangan Indonesia seperti Soekarno, Moh.Hatta, Soepomo, R.A Kartini, dr. Wahidin Soedirohoesodo, dan berbagai tokoh perjuangan lainnya. Juru pintu yang ber-cosplay para tokoh juga memiliki tugas untuk menjelaskan tiap detail stan dan biografi dari tokoh yang diperankan.

Lain halnya dengan lomba lain yang dapat disaksikan secara langsung, MENARIK (Mendesain Jarik) dihelat secara tertutup dengan pengawasan panitia. Sedangkan juri diambil dari elemen guru SMA Negeri 1 Demak, yang menilai aspek kreativitas, estetika, dan kerapian jarik. Perwakilan dua siswa dari di masing-masing kelas memiliki peran sebagai pendesain dan model. Jarik yang didesain merupakan jarik kain yang telah disediakan oleh panitia untuk masing-masing peserta.

Pagelaran Raka-Nimas, persiapan stan, dan MENARIK selesai pukul 11:00 WIB. Disambung kegiatan penilaian stan sekaligus Isalma (istirahat, salat, makan). Pada kesempatan ini, para peserta juga tengah sibuk menyiapkan lomba photo shoot dengan tokoh pemeran sebagai model. Hasil foto nantinya akan diposting langsung di Instagram resmi OSIS SMANSADE (@osissmansade) untuk sesi penilaian. Pemenang photo shoot dipilih dengan jumlah like terbanyak pada tiap postingan.

Kegiatan ditutup pukul 14:00 WIB dengan pengumuman pemenang. Berikut ialah daftar masing-masing pembawa juara:

  1. Raka dan Nimas: kelas X-6 (Raka Mugia Nur Hidayatulloh) dan XI-4 (Nimas Naza Putri R.)
  2. Pameran Stan: kelas XI-9 dan X-8
  3. Mendesain Jarik: kelas XI-6 dan X-3

Pagelaran Kartini Relli telah selesai. R.A Kartini merupakan tokoh perjuangan yang sangat berjasa dalam memperjuangkan hak dan emansipasi wanita Indonesia. Perjuangannya menghasilkan kondisi wanita Indonesia yang sejahtera serta berperan penuh dalam dunia pendidikan intelektual. Semangat juang ini harus kita jadikan landasan dalam mempertahankan ideologi dalam bangsa. (DCM/SAS/VR/BA/Hum).

Sekolah Kartini-relli Lomba

KOMENTAR

Obat Aborsi Cytotec - Kamis,

Salam santun dari jasa periklanan Seo Semarang

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT