; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Pasa peserta didik kelas X sedang serius mengerjakan tes Diagnostik yang diselenggarakan sekolah

Gali Gaya Belajar Siswa Kelas X, SMAN 1 Demak Selenggarakan Tes Diagnostik

Jum'at, 15 Juli 2022 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 1394 Kali

SMANSADE UPDATE- Kurikulum merdeka belajar akan diimplementasikan pada kelas X SMAN 1 Demak, sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan kurikulum 2013 revisi. Dengan penerapan kurikulum tersebut tentunya sekolah harus menyiapkan infrastrukturnya termasuk salah satinya kesiapan siswa, untuk memastikan itu maka sekolah menyelenggarakan tes diagnostik bagi kelas X. Pelaksanaan tes berlangsung secara online pada hari Selasa (12/07/2022).

Tes diagnostik merupakan tes yang dilakukan pada awal sebelum pembelajaran dimulai untuk mengetahui informasi tentang keadaan awal kemampuan peserta didik, meliputi kelemahan, kesulitan belajar, minat dan kelebihannya.

Hasil tes ini akan digunakan untuk menentukan pembagian kelas masing-masing peserta didik sesuai dengan preferensi gaya belajarnya masing-masing. Dengan mengetahui gaya belajar yang diminati maka diharapkan siswa akan lebih mudah dalam proses belajar.

Nerissa Natalia Risma Hutajulu menyampaikan, tes diagnostik yang dikerjakannya sangat mudah dipahami, materinya mudah dipahami sehingga kemungkinan teman-teman juga dapat mengerjakannya dengan lancar juga.

”Tetapi tadi ada problem gambar yang tidak muncul, mungkin dapat diperbaiki lagi. Selain itu semua kegiatan tes diagnostik berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap salah satu peserta tes diagnostik.

Berbeda dengan Nerissa, Faiq Ubaidillah menyampaikan, bahwa tes hari ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dan dia menemui kendala, sedikit kesulitan dalam mengerjakan soal, dan kekurangan waktu mengerjakan.

Kepala sekolah melalui Koordinator BK Ambar Eko Yuniatiningsih menyampaikan, 430 siswa mengikuti tes diagnostik, dari pukul 07.30 hingga jam 10.30 WIB. Tes ini digunakan untuk mengetahui gaya belajar dan kecerdasan siswa. Sebagai penentu peserta didik untuk masuk kategori visual, audio atau kinestetik.

“Tes diagnostik dilakukan menggunakan android dengan jaringan wifi sekolah atau data seluler masing-masing siswa. Dan yang belum mengikuti tes kali ini ada tes diagnstik susulan yaitu pada hari Kamis (14/07/2022),” tambahnya. (Um/Cr/Hum

  1. TULISAN TERKAIT