; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Pengawas SMA di dampingi kepala sekolah sedang menjelaskan implementasi kurikulum merdeka belajar

Sekolah Gelar In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka

Senin, 06 Juni 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 974 Kali

SMANSADE Update-Musim tahun ajaran baru tinggal menunggu hitungan minggu. Kurikulum baru akan segera diimplementasikan, lebih-lebih jika sekolah baru menggunakan kurikulum tersebut. Demi memberi pemahaman yang lebih mendalam, konkrit, dan menyamakan persepsi antar warga sekolah dalam kurikulum tersebut, sekolah laksanakan In House Training.

Senin (06/06/22) kemarin, pukul 09.00-hingga pukul 11.00 WIB kegiatan dihelat. Aula SMAN 1 Demak menjadi venue diadakannya kegiatan tersebut. Topik utama yang disosialisasikan adalah implementasi kurikulum merdeka. Kurikulum terbaru yang rencananya akan diterapkan disemua satuan pendidikan tingkat menengah atas pada tahun pelajaran mendatang. 

Hadir dalam pengisi acara sosialiasi yaitu pengawas SMA/SMK wilayah Demak-Jepara, Drs. Noor Yadi, M.Pd.I. Pengawas mejabarkan tentang adanya perbedaan baru dalam penerapan kurikulum merdeka, yaitu adanya pembelajaran proyek dalam rangka penguatan profil pelajar Pancasila.

“Bapak/Ibu, penjenengan semua harus memahami bahwa dalam pembelajaran di Kurikulum Merdeka terbagi menjadi dua. Pertama adalah intrakurikuler, yaitu memuat pembelajaran regular di kelas seperti kurikulum sebelumnya. Sedangkan yang satu lagi bersifat co-intrakurikuler, yakni pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman belajar langsung dengan lingkungan dan isu sekitar. Jadi, proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini menekankan pada pembelajaran kontekstual,tidak hanya tekstual.” Paparnya.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan produk baru dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan diadakannya program tersebut agar pelajar-pelajar di Indonesia memiliki mindset belajar sepanjang hayat yang kompeten dan selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Proyek tersebut tidak hanya mengandung unsur satu disiplin ilmu saja, melainkan beberapa muatan mata pelajaran yang dijadikan satu. Terdapat tujuh tema proyek yang dapat diaplikasikan. Bhineka Tunggal Ika, gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, serta Kewirausahaan merupakan tujuh tema proyek yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan.

Kepala sekolah Solikhin, S.Pd, M.Pd menyampaikan, Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan tersendiri, yaitu lebih sederhana dan mendalam. Hal ini selaras dengan program SKS yang telah diterapkan di sekolah. Orientasinya berpusat pada bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik.” Tutupnya. (Ba/Cr/Hum).

  

Sekolah Kurikulum Kurikulummerdeka
  1. TULISAN TERKAIT