; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun 30 Mei Hingga 3 Juni

Selasa, 31 Mei 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 571 Kali

SMANSADE Update-Bulan Mei telah berakhir beberapa hari yang lalu. Setali tiga uang dengan proses kegiatan belajar mengajar. Mendekati titik akhir kalender pendidikan tahun ini, momen Pekan Akhir Tahun (PAT) digelar. Menentukan nasib kelas X dan XI pada tahun pelajaran mendatang.

Senin (30/05/22), suasana salah satu ruang kelas terlihat berbeda dari hari biasanya. Peserta didik sibuk mengguratkan tulisan tangan diselembar kertas. Hening, fokus, dan serius. Pekan Akhir Tahun di SMAN 1 Demak sudah dimulai.

Pekan Akhir Tahun (PAT) merupakan salah satu bagian akhir dari rangkaian pembelajaran dalam satu tahun. Pekan tersebut sangat krusial khususnya bagi kelas X dan XI. Mereka harus berjuang mengerahkan kemampuan akademik terbaik yang dimilikinya agar rapor yang diterima nantinya tidak mengecewakan.

Penerapan PAT di SMAN 1 Demak dilaksanakan selama empat hari. Dimulai tanggal 30 Mei dan diakhiri pada 3 Juni 2022.

Kepala sekolah melalui wakil kepala bidang kurikulum Waluyo Sudarmo, S.Pd., M.Pd., M.Si menjelaskan, bahwasanya PAS tidak hanya sekedar menilai secara kognitif, melainkan juga mengajarkan pendidikan karakter.

“Kegiatan PAT tidak hanya sekedar yang penting dapat nilai untuk memperbaiki pencapaian sebelumnya. Lebih dari hal tersebut, Bapak/Ibu. PAS juga kita jadikan untuk menerapkan pendidikan karakter peserta didik. Prestasi penting, tapi jujur yang utama. Kita harus menindak tegas setiap kecurangan dalam bentuk apapun selama pelaksanaan PAT agar menjadi pembelajaran hidup bagi peserta tes,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Waluyo menambahkan teknis penerapan PAT untuk kelas X dan XI dikembalikan sepenuhnya kepada guru pengampu mata pelajaran. Ruang pelaksanaan PAS berada dikelas masing-masing. Durasi pelaksanaan PAT tiap mata pelajaran adalah 90 menit. Guru mata pelajaran masuk kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Pekan Akhir Tahun, tidak hanya wadah untuk menguji kemampuan kognitif peserta didik melalui pemberian hasil berupa angka dilembar jawaban. Lebih dari itu, juga merupakan proses pembangunan karakter yang adil dan jujur. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Kurikulum Pas
  1. TULISAN TERKAIT