; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Tes Potensi Skolastik sebagai Bentuk Ikhtiar SMA Negeri 1 Demak Sukses UTBK

Jum'at, 03 Desember 2021 ~ Oleh ana rediati ~ Dilihat 1608 Kali

SMANSADENews-Pada hari Jumat (03/12) kemarin, SMA Negeri 1 Demak menyelenggarakan tes bakat skolastik. Tes ini berfungsi untuk memprediksi kemampuan peserta didik dalam situasi baru, dalam hal ini situasi belajar di SMA Negeri 1 Demak.

Tes Potensi Skolastik ini juga dapat sebagai awal mempersiapkan peserta didik untuk belajar ditingkat selanjutnya, karena tujuan utama belajar di SMA Negeri 1 Demak adalah untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi ataupun pendidikan dengan ikatan dinas.

Menurut Kepala Sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Waluyo Sudarmo, S. Pd., M. Pd., M. Si. bahwa Tes Skolastik terdiri atas tiga aspek yaitu logika, bahasa, dan numerik. Logika/ Penalaran, mengukur kemampuan penalaran dan kecakapanmu dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis atau masuk akal. Subtes ini terdiri dari logika umum, analisis pernyataan dan kesimpulan (silogisme), logika cerita, dan logika diagram. Verbal/ Bahasa, mengukur kemampuanmu dibidang bahasa dan logika verbal. Subtesnya meliputi sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan pengelompokan kata. Numerik/ Angka/ Kuantitatif, mengukur kemampuan matematis sederhana serta pemahaman konsep matematika – khususnya dalam kerangka pemikiran yang terstruktur dan logis matematis. Subtes ini mencakup aritmatik (hitungan), seri angka, seri huruf, logika angka, angka dalam cerita, aljabar, dan geometri.

lebih lanjut PW menambahkan “Tes ini juga menyertakan pula subtes spasial atau gambar yang mengukur daya logika (imajinasi) ruang. Pada subtes ini, yang diujikan yaitu padanan hubungan gambar, seri gambar, pengelompokan gambar, bayangan gambar, dan identifikasi gambar," imbuhnya

" Bahwa pelaksanaan TPS ini sebagai sebuah usaha SMA Negeri 1 Demak mengadakan tes TPS untuk sebagai latihan siswa-siswinya. Pelaksanaan TPS ini menjadi tiga sesi, yaitu pukul 07.30-09.00, 10.30-12.00, dan pukul 13.00-14.30. Para siswa diwajibkan mengikuti tepat waktu dan mendapatkan nilai minimal 70. Jika mendapatkan nilai kurang dari 70, maka siswa diwajibkan mengikuti remedial sampai  nilainya mencapai 70." Ungkap wakil kepala sekolah yang juga Guru Fisika 

Pelaksanaan program tes potensi skolastik memang menjadi ciri khusus yang membedakan SMA Negeri 1 Demak dengan sekolah-sekolah lain.  Hal ini dikarenakan sesuai tujuan SMA Negeri 1 Demak yang mempersiapkan lulusannya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan kedinasan. Tujuan tersebut tidak akan mudah tercapai tanpa adanya sebuah usaha dan persiapan. Oleh karena itu pelaksanaan Tes Potensi Skolastik merupakan salah satu usaha tersebut. (Ar/cr/hum)

  1. TULISAN TERKAIT