; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

SMA Negeri 1 Demak Terima Mahasiswa PPL dari UNNES

Jum'at, 06 Agustus 2021 ~ Oleh ana rediati ~ Dilihat 876 Kali

SMANSADENews-Guru merupakan jabatan profesional yang memberikan layanan ahli dan menuntut kemampuan akademik dan pedagogik yang memadai. Guru sebagai jabatan profesional harus disiapkan melalui program pendidikan yang relatif lama dan dirancang berdasarkan standar kompetensi guru. Untuk menyiapkan guru professional, maka perlu disiapkan sejak mahasiswa kependidikan menempuh program sarjana. Sesuai terbitnya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, maka istilah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk program sarjana menjadi Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). PLP merupakan mata kuliah untuk menyiapkan dan melengkapi kompetensi mahasiswa calon pendidik. Melalui PLP, mahasiswa dapat mempraktikan pengetahuan yang diperoleh diperkuliahan, dan dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat belajar dan menerima berbagai pengalaman langsung yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon pendidik yang akan sangat bermanfaat.

Kepala SMA Negeri 1 Demak, Drs. Agus Budi Purwaka, M. Pd menerima 22 Mahasiswa PLP  dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada hari Jumat (6/8)  Acara penerimaan mahasiswa ini dilaksanakan dengan metode Hybrid yaitu menggabungkan antara sistem daring dan luring terbatas yang tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Pamong, Dosen Koordinator, Dosen Pembimbing, serta semua mahasiswa PPL.

Pada sambutannya Kepala Sekolah mengucapkan selamat datang dan selamat belajar di kampus SMA Negeri 1 Demak. Semoga dengan kegiatan PLP ini, mahasiswa mampu menerapkan segala ilmu pengetahuan yang telah dipelajari di kampus untuk dapat diaplikasikan di SMA Negeri Demak ini, khususnya kompetensi Pedagogis, kompetensi Kepribadian, kompetensi Sosial kemanusiaan dan kompetensi Profesional. Semoga para Mahasiswa dapat belajar dari Bapak/Ibu untuk  melewati tantangan pembelajaran saat masa pandemi seperti saat ini. Saya harapkan juga, mahasiswa dapat mengaplikasikan apa yang nanti didapat untuk mereka gunakan kelak jika terjun ke lapangan sehingga nantinya akan menjadi guru yang berkualitas, kreatif dan berdaya saing.

Senada dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Waluyo Sudarmo, S. Pd., M.Pd., M. Si menyampaikan bahwa ada 22 orang mahasiswa yang akan mengadakan PLP selama 45 hari. Keduapuluh dua mahasiswa itu berasal dari beberapa program studi yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Ekonomi. Pelaksanaan PLP ini dimulai selama satu minggu pertama mahasiswa melakukan observasi, dilanjutkan pelaksanaan pembelajaran yang akan didampingi guru pamong. Semoga mahasiswa dapat mengambil pengalaman terbaik dari SMA Negeri 1 Demak, lanjut Wakakur.

Koordinator Dosen Pembimbing PLP SMA Negeri 1 Demak, Prof Dr. Eva Banowati, M. Si melalui sambungan zoom berpesan kepada para mahasiswa PLP Unnes agar mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi SMA Negeri 1 Demak. Selain itu mahasiswa diminta untuk meniatkan dalam hati untuk tulus mengabdi dan menjaga nama baik almamater.(Ar/Cr/Hum)

  1. TULISAN TERKAIT