; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Kembali Banggakan Daerah, Anggota Paskibra Sekolah Lolos Tingkat Jawa Tengah

Sabtu, 27 Mei 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 713 Kali

Smansade Update- Tahun ini, Republik Indonesia akan memperingati kemerdekaannya yang ke-78. Berkaitan dengan momen luar biasa itu, keberadaan Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) amat fundamental. Sementara itu, surat pemberitahuan yang berisi pengumuman telah diterima. Ketika file dibuka, sorotan tertuju pada daftar nama. Disitulah senyum kebanggaan tersaji. Perwakilan Paskibra BARATA SMAN 1 Demak lolos tingkat provinsi. Menjadi satu-satunya delegasi dari Kota Wali.

Terpilih menjadi bagian dari Paskibra adalah suatu kebanggan bagi para pelajar. Kesempatan langka, bahkan kemungkinan sekali seumur hidup yang terlalu saying untuk dilewatkan. Namun, pada akhirnya hanya mereka yang berkompeten, berdedikasi tinggi, dan memiliki semangat juang tinggi yang akhirnya terpilih didalamnya. Pemilihan Paskibra dapat dikatakan berjenjang. Mulai dari unit paling dasar yaitu pada level instansi pendidikan (sekolah), kemudian kabupaten, dilanjutkan provinsi dan puncaknya adalah tingkat nasional. Setiap jenjang tentu membawa makna mendalam bagi para partisipan-partisipan didalamnya.

Sabtu (27/05/2023), berdasarkan surat pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah bernomor 427.2/660 telah dirilis resmi daftar nama 35 anggota Paskibra Jawa Tengah Tahun 2023. Setiap kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah telah dipilih satu representasinya. Kabupaten Demak memunculkan nama Martasya Rafa Sabhrina, siswi dari SMAN 1 Demak.

Terkait terpilihnya menjadi bagian dari paskibra provinsi 2023, Martasya membagikan pengalaman dan testimoninya.

Alhamdulillah, saya terpilih untuk menjadi perwakilan seleksi di tingkat Provinsi. Waktu itu mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi di Semarang yang diadakan selama dua hari. Seleksi di Provinsi sangat ketat. Mulai dari tes psikologi, tes kepribadian. Hingga jejak digital melalui media sosial juga masuk pertimbangan penilaian. Seminggu setelah mengikuti seleksi itu, hasilnya pun muncul. Pada saat itu, saya sedang bersama teman. Saya meminta teman agar membuka hasil seleksi yang sudah dikirimkan. Setelah hasil seleksi dibuka, teman saya mengucapkan selamat. Perasaan tentunya waktu itu campur aduk. Senang, terharu, bangga dan tidak menyangka. Sebelumnya tidak pernah ada bayangan untuk dapat mencapai tahap seperti sekarang ini. Intinya, jangan pernah takut gagal, tapi takutlah untuk tidak pernah mencoba. One more important thing, selalu semangat dan pantang menyerah,” ujar siswi kelas X-2 yang juga memiliki bakat bela diri dan mahir berbahasa inggris tersebut.

Selain meloloskan wakilnya ke ranah provinsi mewakili daerah, empat anggota Paskibra BARATA Smansade juga sukses mengunci tempat di level kabupaten. Tercatat atas nama Shafa Kevin Maulana (X-1), Firman Ghanni (X-5), Thalita Intan Verina Dyanasari (X-4), dan Dian Arsyiana Putri (X-8) mengisi daftar 30 nama yang dipersiapkan menjadi Paskibra Kabupaten Demak 2023 berdasarkan surat pemberitahuan bernomor 427.2/472 oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak.

Dari kiri ke kanan (depan): Shafa Kevin Maulana, Firman Ghanni, Dian Arsyiana Putri

Dari kiri ke kanan (belakang) : Martasya Rafa Sabhrina, Thalita Intan Verina Dyanasari

 

Total, untuk tahun 2023 Smansade mengirimkan lima delegasinya. Secara akar historisnya, Paskibra BARATA SMAN 1 Demak memiliki rekam jejak yang ciamik dengan rutin mengirimkan wakil-wakil terbaiknya pada momen tahunan yang sakral secara nasional tersebut. Segala aktivitas dan informasi lebih lanjut mengenai Paskibra SMAN 1 Demak dapat dilihat pada akun instagram @paskibra_barata.

Pasukan pengibar bendera, tidak hanya sebatas pasukan dengan kemampuan baris-berbaris dan kedisiplinan diatas rata-rata. Lebih dari itu, pasukan pengibar bendera menjadi simbol harapan negeri ini terhadap para pemuda berjiwa nasionalisme tinggi. (BA/Hum).

Sekolah Paskibra Prestasi
  1. TULISAN TERKAIT