; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Jaga Marwah Budaya Positif Literasi, Sekolah Adakan KATABA 2023

Kamis, 23 Maret 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 312 Kali

Smansade Update- “Literacy is one of the greatest gifts a person could receive”. Kutipan quote dari Jen Selensky, penulis dari Amerika Serikat mungkin sederhana, namun sarat akan makna. Literasi adalah hadiah luar biasa yang diberikan Tuhan kepada setiap insan. Mensyukuri nikmat pemberian tersebut dengan berbagai cara yang elegan. Salah satunya dengan beragam giat positif dalam KATABA 2023.

Senin (20/03/2023) diadakan kegiatan KATABA (Karya Tulis Anak Bangsa) 2023 yang diinisiasi oleh OSIS SMAN 1 Demak. KATABA merupakan wadah positif dalam mengenalkan, menumbuhkan, mengaplikasikan, meneruskan, dan menjaga marwah budaya literasi di lingkungan sekolah. Beragam kompetisi menarik yang berhubungan dengan dunia literasi dihelat pada event tersebut.

Kompetisi story telling, artikel, cerpen, future booth & pojok baca, dan duta pustaka 2023. Setiap cabang yang dilombakan memiliki tujuannya masing-masing.

Pertama, story telling atau bercerita dengan menggunakan Bahasa Inggris. Literasi tidak hanya tentang membaca saja, melainkan kemampuan memahami, mengasah, dan menguasai hal lain. Salah satunya dapat berbahasa Inggris, jembatan bertutur kata secara internasional dalam kehidupan masyarakat global. Sebagai sekolah yang pernah diberi amanah oleh pemerintah Indonesia dan menyandang predikat sebagai instnasi pendidikan berlabel RSBI (Rintisan Sekolah Berbasis Internasional), sudah sewajarnya output-output Smansade minimal mampu berbahasa Inggris dasar dengan baik. Adapun kompetisi story telling 2023 dimenangkan oleh perwakilan kelas X-8 dan XI-MIPA 6.

Kedua dan ketiga, lomba penulisan artikel dan cerita pendek (cerpen). Budaya literasi dalam menumbuhkan kemampuan seni dalam menulis dengan logika ilmiah dan mengolah rasa. Setiap kelas mengirimkan artikel dan cerita pendek, kemudian hasilnya dinilai oleh panitia. Gelaran lomba tahun ini diraih oleh representasi kelas X5 dan XI-IPS 2 untuk artikel. Sedangkan kelas X3 dan XI-MIPA 9 untuk kategori cerpen.

Keempat, future booth & pojok baca. Lomba yang menggabungkan pembuatan perpustakaan kelas dengan hiasan-hiasan yang merepresentasikan karakter kelas dalam dunia literasi. Dibuat seindah dan senyaman mungkin untuk menunjang kegiatan literasi kelas agar lebih efektif. Diikuti oleh 36 kelas dan memunculkan pemenang untuk kelas X-8, XI-MIPA 7, dan XII-MIPA 10.

Kelima dan yang menjadi main event dalam KATABA 2023, pemilihan Duta Pustaka Sekolah 2023. Duta Pustaka merupakan simbol keberadaan budaya literasi di lingkungan sekolah. Dibutuhkan individual yang menaruh perhatian dalam dunia literasi, berwawasan luas, memiliki mindset menarik dan punya ide maupun konsep yang nantinya direalisasikan agar giat kepustakaan di sekolah berjalan efektif, efisien, serta berimplikasi positif. Sebanyak 12 peserta dari unsur kelas X dan XI yang telah disaring pada babak kuis dan penyampaian pendapat. Kemudian dikerucutkan menjadi enam besar dengan melalui tahap berpidato menjelaskan gagasannya tentang program literasi. Proses yang panjang tersebut memunculkan peraih predikat Duta Pustaka Sekolah 2023 yaitu Muhammad Fathul Huda (XI-IPS 1). Disusul runner-up Malicha Luthfiyana Putri (XI-MIPA 8) dan posisi ketiga didapatkan Kharisma Khoirun Nisa (X-6).

Kompetisi seperti duta pustaka sekolah menjadi jembatan dan simbol keberadaan budaya berliterasi

Sebagai yang terpilih menjadi Duta Pustaka Sekolah 2023, Muhammad Fathul Huda memberikan kesan dan harapannya.

“Setelah terpilih dan diberi amanah menjadi Duta Pustaka Sekolah 2023, Alhamdulillah, saya merasa lega sekaligus bersyukur karena mendapatkan kesempatan lebih besar untuk menunggangi tanggungjawab dan menjawab tantangan kedepannya. Saya harap dapat menjalankan tanggungjawab sesuai dengan amanah yg telah diberikan. Mampu berkontribusi lebih signifikan dalam perjuangan menghidupkan kembali peradaban melalui budaya literasi,” ujarnya berapi-api.

Literasi menjadi salah satu indikator kunci peradaban manusia tetap eksis dan berkembang. Menanamkan budaya literasi di lingkungan sekolah dapat dilakukan melalui lomba-lomba yang progresif.

Rekapan arsip digital kegiatan KATAB 2023 dapat dilihat pada laman instagram resmi sekolah @smansademak. KATAB 2023, Realize Literacy Culture for Big Change! (BA/Hum).

Sekolah Dutapustaka Literasi
  1. TULISAN TERKAIT