; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Pramuka SMAN 1 Demak Gelar Pelantikan Bantara di Bantir; Sampai Jumpa Lagi, Bantir!

Minggu, 06 Pebruari 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 868 Kali

SMANSADENewsDua hari menguras tenaga dan pikiran, kini pada hari ketiga fokus utama kegiatan diarahkan pada ketangkasan dan kerjasama yang berbungkus permainan menyenangkan.

Outbound Fun Games Media Relaksasi Peserta Kegiatan

Sabtu (05/02/2022) sebagai hari terakhir kegiatan di Bantir diisi dengan jadwal yang ringan. Hal tersebut dilakukan sebagai recovery term alias relaksasi setelah dua hari penuh peserta berjibaku untuk dapat dikukuhkan.

Aktifitas pagi hari pasca ibadah shubuh diisi senam pagi dengan instruktur militer. Tak hanya olah jasmani saja, para peserta pun dipoles dasar-dasar kemampuan baris-berbarisnya. Lokasi berada dilapangan utama barak militer Bantir. Bersama kicauan burung-burung liar pagi hari, peserta PBPL SMAN 1 Demak semangat untuk menggerakkan jasmaninya sebagai simbol kebiasaan hidup sehat diawal hari sekaligus meningkatkan skill kepanduannya.

Giat Pagi hari bersama instruktur dari TNI

Sarapan bersama menjadi sajian menu pagi berikutnya. Kemudian disambung dengan koordinasi sebelum melangkah pada kegiatan selanjutnya. Kegiatan yang mencairkan suasana, ringan, berkesan, dan menyenangkan. Tak lain adalah Outbound Fun Games.

Kelompok putra dan putri dipisah. Peserta putri harus menyelesaikan games berupa melewati lingkaran-lingkaran yang telah diatur sedemikian rupa. Tangkas, gesit, cepat dan tepat menjadi kunci untuk sukses menyelesaikan permainan tersebut. Selain itu media mini flying fox untuk menguji adrenalin juga wajib dicoba.

Mencoba mengasah adrenalin dengan mini flying fox

Sementara kelompok putra terlihat asyik dengan fokus pada permainan yang membutuhkan kerjasama dengan baik. Satu botol air mineral diletakkan diatas semacam wadah. Tali yang ada disisi wadah dililitkan pada leher tiap peserta dalam satu kelompok. Aman karena sudah sesuai prosedur dan prosesnya juga dikawal oleh instruktur. Tugas kelompok tersebut adalah memastikan botol air mineral tidak jatuh hingga sampai garis akhir. Perlombaan-permainan semacam ini memang susah-susah gampang. Butuh kesabaran dan komunikasi antar anggota dengan baik.

Ditanah lapang berumput hijau, dibawah langit mendung dan diterpa udara dingin Bantir terlihat wajah ceria, lepas beban, dan riang bersama pagi itu. Outbound Fun Games menjadi media relaksasi yang tepat untuk hal ini.

Sayonara, Bantir!

Outbound Fun Games telah usai. Kegiatan Ishoma (Istirahat-sholat-makan) diagendakan setelahnya. Menjelang pukul 14.00 WIB seluruh peserta berkumpul kembali mengenakan seragam pramuka yang sama seperti halnya mereka pertama kali tiba. Apel penutupan akan segera dilaksanakan.

Apel berlangsung khidmat dan lancar. Kak Malik selaku pembina apel menekankan bahwa selepas acara di Bantir diharapkan setiap peserta dapat mengaplikasikan hal-hal positif dalam hidupnya. Diawali dari diri sendiri yang kemudian dilanjutkan agar dapat bermanfaat bagi organisasi, lingkungan sekitar dan masyarakat.

 

Tak lupa pembagian reward alias hadiah bagi berbagai kategori kelompok pemenang juga dibagikan. Pukul 16.00 WIB, para peserta mulai masuk membawa berbagai perlengkapannya ke dalam truk-truk militer. Rombongan meninggalkan tangsi militer Bantir dengan penuh memori kebersamaan.

Bantir memberikan banyak jejak bagi peserta PBPL SMAN 1 Demak. Terpatri dengan baik untuk memaknai arti perjuangan, kebersamaan, dan kepanduan. (Ba/Cr/Hum).

(Selesai)

Sekolah Kesiswaan Pramuka
  1. TULISAN TERKAIT