; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

SEKOLAH GELAR PELAKSANAAN SIMULASI UJIAN SEKOLAH

Rabu, 24 Maret 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 1204 Kali

SMANSADE- Sekolah sebagai institusi pendidikan bisa menjalankan fungsinya jika seluruh kegiatan didalamnya dikelola dengan tepat. Administrasi sekolah perlu dikelola dengan baik supaya kinerja institusi pendidikan bisa optimal. Ada 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, standar sarana prasarana.

 

Sekolah dalam melaksanakan standarisasi tersebut, diharapkan bisa terjadi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam penyusunannya, Standar Nasional Pendidikan sudah disempurnakan dengan penuh perenanaan, terarah dan berkelanjutan, menyesuaikan perubahan kehidupan yang terjadi dalam konteks nasional maupun global.

 

SMAN 1 Demak sebagai salah satu sekolah di Kota Wali bahkan yang menjadi salah satu parameter sekolah diwilayah Demak berkomitmen untuk mengacu dan berpedoman pada seluruh Standar Nasioal Pendidikan tercapai.

 

Salah satu Standar Nasional Pendidikan yang menjadi perhatian sekolah yaitu Standar Kompetensi Lulusan. Sekolah betul-betul serius guna mencapai kompetensi tersebut. Untuk memastikan kompetensi SKL ini, berbagai cara diprogramkan sekolah. Program sekolah yang dimaksud adalah melaksanakan kegiatan simulasi ujian sekolah yang berlangsung tanggal 24-25 Maret 2021. Karena masih masa pandemi Covid-19, simulasinya pun dilaksanakan dengan Daring.

 

Kepala Sekolah Drs. Agus Budi Purwaka, M.Pd menyampaikan bahwa untuk memastikan kegiatan US tahun ini berjalan lancar, maka pihak sekolah menyelenggarakan simulasi. Tentunya simulasi ini bertujuan untuk memastikan tidak ada kendala baik teknis maupun non teknis. Di harapkan selesainya simulasi ini akan kami evaluasi dimana kekurangannya.” Ucapnya di ruang Kepala Sekolah.

 

Simulasi berlangsung dua hari mulai hari ini sampai besok (24-25 Maret 2021), yang dimulai dari jam 08.00 sampai jam 11.30 WIB terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai jam 08.00-09.30 Wib sedangkan sesi dua dimulai dari jam 10.00 sampai jam 11.30 WIB. Sedangkan jam istirahat jam 09.30 -10.00. ujian sekolah tahun ini di ikuti oleh 428 siswa kelas XII baik program IPA maupun IPS. Untuk hari pertama mata pelajaran Matematika wajib, DAN TPA Sedangkan hari kedua jadwalnya mapel kima untuk program ipa sedangkan ips ekonomi sedangkan jam kedua di hari kedua jam TPA. 

 

“Walaupun sudah menjadi agenda tahunan untuk ujian sekolah, tapi tetap mempersiapkan sebaik mungkin, sehingga bisa meminimalisir kekurangan dan sekolah punya waktu untuk memperbaikinya. Apalagi ini US menggunakan masih daring jadi harus betul kami persiapkan,” Ungkap Kepala Sekolah yang sudah dua tahun menjabat Kasek di SMAN 1 Demak.  (Cr/Hum)       

  1. TULISAN TERKAIT