; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Delegasi pasukan pengibar bendera foto bersama didepan pintu utama sekolah

Enam Siswa-Siswi SMAN 1 Demak Menjadi Pasukan Pengibar Bendera 2022 Tingkat Kabupaten

Senin, 08 Agustus 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 870 Kali

SMANSADE Update- Agustus, bulan sarat historis bagi Bangsa Indonesia. Upacara kemerdekaan selalu dihelat tiap tahunnya untuk menghormati perjuangan bangsa. Salah satu perangkat yang melekat didalamnya adalah pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka). Dan, enam dari tiga puluh yang terbaik berasal dari SMAN 1 Demak.

Waktu masih menunjukkan pukul 05.50 WIB, akan tetapi kebaikan alam langsung menyapa pagi ini. Semilir udaranya yang sejuk menerpa permukaan kulit. Meninggalkan sensasi segar nan dingin untuk ukuran cuaca di Kota Wali. Di satu titik lapangan depan, berkumpul beberapa siswa-siswi. Tegap, gagah,dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Merekalah peserta didik pilihan yang menjadi delegasi sekolah yang berhasil menjadi bagian paskibraka 2022.

Paskibra merupakan pasukan khusus pengibar bendera pusaka yang keanggotaannya direkrut melalui seleksi ketat. Melibatkan siswa-siswi SMA/SMK/MA/ atau sederajat yang duduk dibangku kelas X dan XI. Nantinya mereka akan tersaring menjadi 30 peserta yang berhak menjadi bagian dari Paskibraka Kabupaten Demak 2022.

Melalui surat keputusan bernomor 427.2/744 pada 1 Agustus 2022 yang dikeluarkan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak, dari tiga puluh anggota Paskibraka 2022, enam diantaranya berasal dari SMAN 1 Demak, keenamnya antara lain:

(1) Ilham Widyatmoko (XI-IPS 3)

(2) Dhani Setyawan Aldzikri (XI-MIPA 7)

(3) Arafi Henry Arta (XI-MIPA 8)

(4) Marshanda Surya Lestari (XI-MIPA 8)

(5) Aurensia Novana Putri (XI-MIPA 6)

(6) Calista Aurellia Freja (XI-IPS 1)

Kepala sekolah melalaui wakil kepala bidang kesiswaan, Winarno, S.Pd., M.Pd menyampaikan, Alhamdulilah, tentu senang mendengar dan mengetahui kabar yang menggembirakan ini.

"Ekstra Paskibra BARATA setiap tahun tetap mampu menjaga marwahnya dengan rutin mengirimkan wakil-wakil di paskibraka kabupaten Demak dimana keenam anggota yang ikut seleksi semuanya masuk dalam formasi. Semoga kultur yang sudah mengakar kuat ini dapat terus dipertahankan, jika perlu ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang," ungkap guru olahraga.

Lebih lanjut, Winarno mengatakan, delegasi sekolah kita mampu menampilkan seluruh effort terbaiknya agar gelaran upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di tingkat kabupaten dapat berjalan lancar,” jelas guru olahraga yang pernah menjadi atlet SEA GAMES Filipina 1991 tersebut.

Anggota paskibraka akan menjalani karantina dan latihan intensif mulai tanggal 08 hingga 17 Agustus 2022. latihan langsung ditangani pihak Kodim 0716 Demak sebagai instruktur lapangannya dan Dinpora Demak.

Selain dari SMAN 1 Demak, Paskibraka Demak 2022 juga diisi SMAN 1 Guntur (1), SMAN 1 Mijen (2), SMAN 1 Mranggen (4), SMAN 2 Mranggen (2), SMKN 1 Sayung (3), SMAN 1 Karanganyar (1), MAN Demak (2), SMAN 1 Dempet (3), SMAN 1 Karangtengah (2), SMKN 2 Demak (1), SMAN 2 Demak (2), dan SMKN 1 Demak (1). (Ba/Cr/Hum).

 

Sekolah Kesiswaan Paskibra
  1. TULISAN TERKAIT