; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Peringatan Hari Aids Sedunia, Siswa SMAN 1 Demak Kenakan Pita

Kamis, 02 Desember 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 1287 Kali

SMNSADENews- Setiap tanggal 1 Desember, orang-orang diseluruh dunia memperingati hari acquired immune deficiency syndrome (AIDS) atau Hari Aids sedunia. Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). 

Berdasarkan catatan organisasi Kesehatan dunia (WHO) ada sekitar 1,5 juta orang yang terinfeksi HIV ditahun 2020. Dengan adanya penambahan kasus tersebut, ada sekitar 37.7 juta orang diseluruh dunia hidup dengan HIV ditahun 2020.

Hari AIDS sedunia diinisiasi oleh seorang jurnalis james bunn yang belakangan beralih profesi dan bergabung dengan WHO. Mengutip Very Well Health, 12 November 2020 James Bunn dan rekannya, Thomas Netter, memutuskan bahwa tanggal 1 Desember adalah tanggal yang ideal untuk merancang dan mengimplementasikan siaran seputar Aids.

Untuk tahun ini, WHO mengusung tema Hari Aids sedunia 2021 dengan “ Akhiri Ketimpangan, Akhiri Aids”. Dengan tema tersebut ada harapan untuk menjangkau orang-orang tertinggal, serta menyoroti ketidaksetaraan terhadap akses kelayanan Kesehatan bagi ODHA (HIV/Aids).

Dalam mensosialisasikan Hari Aids sedunia, para siswa di SMAN 1 Demak mengenakan pita yang ditempel dibajunya masing-masing. Menurut salah satu siswa Bernama Yuan Aurora Laksmi menyampaikan bahwa kita harus prihatin dengan semakin meningkatnya yang terkena virus HIV, mari kita semua bisa menjadi pelopor hidup sehat dan terus menjadi agen memutus mata rantai virus HIV tidak berkembang lebih banyak lagi.” Ungkap siswa kelas XI MIPA 2.

 

Hal yang sama juga diamini oleh Kepala Sekolah, “ apa yang dilakukan anak-anak dengan memasang pita pada setiap tanggal 1 Desember dibajunya akan mengedukasi anak-anak tentang betapa bahanya virus HIV tersebut. Dan dibutuhkan komitmen Bersama untuk menakan dan mencegah naiknya virus HIV didunia khususnya di Indonesia.” Ungkap Kepala Sekolah yang hobi olah raga. (Cr/Hum)    

  1. TULISAN TERKAIT