; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Tim Smansade Kembali Ukirkan Prestasi pada Kompetisi NSDC dan LDBI

Jum'at, 16 Juni 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 733 Kali

Smansade Update- Salah satu mahakarya peradaban manusia adalah munculnya bahasa. Melalui bahasa, komunikasi dapat tersinkronisasi. Ide, konsep, harapan, cita-cita, dan hasil karya juga tercipta. Melalui kompetisi bertema kebahasaan, prestasi pun terpatri. Tim Smansade membuktikan hal ini.

Selasa (13/06/2023), SMAN 1 Demak mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah Lomba Debat Berbahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) 2023 tingkat kabupaten. Kedua kompetisi bergengsi di kalangan pelajar SMA tersebut sifatnya berjenjang.

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Demak menjadi inisator terciptanya kompetisi LDBI dan NSDC yang teknisnya direalisasikan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Gelaran LDBI dan NSDC di lingkungan Kabupaten Demak diikuti oleh lima sekolah sebagai partisipannya. Yaitu: SMAN 1 Demak, SMAN 2 Demak, SMAN 1 Karangtengah, SMAN 1 Mijen, dan SMAN 1 Dempet. Masing-masing sekolah menerjunkan dua tim yang tiap timnya berkomposisi tiga peserta didik. Satu tim untuk LDBI dan satunya lagi disiapkan dalam NSDC.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Demak sekaligus kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk seleksi dan persiapan ke tingkat selanjutnya, yaitu tingkat provinsi. Sehingga duharapkan para peserta dapat bermain dengan fair dan berkualitas.

Ajang National School Debate Championship 2023 berlangsung seru dan menarik. Setiap tim memberikan argumen, pendapat, maupun opini sesuai dengan yang dibela (tim pro dan tim kontra) melalui tema studi kasus yang dipilih oleh panitia.  Tim SMAN 1 Demak yang terdiri dari Aulya Putri Larasati (XI-MIPA 6), Gadang Lituhayu Estunangtyas (XI-MIPA 5), dan Firruz Zakky (X-8) telah mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada ajang tersebut. Full fight until last drop.

Finally, juara untuk NSDC 2023 diumumkan sebagai berikut:

Juara 1 SMAN 1 Dempet

Juara 2 SMAN 1 Demak

Juara 3 SMAN 1 Mijen.

Melaju hingga babak final dan meraih posisi runner-up merupakan pencapaian terbaik untuk Tim NSDC SMAN 1 Demak tahun ini.

Ketua MGMP Bahasa Inggris, Yulia Mufarichah, S.Pd., M.Pd mengaku senang dan antusias dengan diadakannya kembali event-event produktif untuk dunia pendidikan seperti NSDC 2023.

Alhamdulillah, kompetisi NSDC kembali digaungkan. Tentu sangat senang dan berlangsungnya lomba ternyata melebih ekspektasi. kemampuan para peserta lomba sangat luar biasa. Kemampuan berbahasa dan berpendapat mereka sangat bagus, sehingga hal ini sangat membanggakan bagi guru, pelatih dan kepala sekolah. Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga dengan kemenangan ini, akan meningkatkan semangat belajar Bagi peserta yang belum mendapat juara,  jangan patah semangat, karena apa yang kita lakukan dan alami sekarang, akan menjadi guru yang baik untuk masa depan. Sekali lagi selamat, dan suskses untuk semua!,” ujar guru yang memiliki pengalaman studi di Amerika Serikat tersebut.

Firruz Zakky, salah satu perwakilan tim SMAN 1 Demak mengaku cukup senang dengan pencapaian dalam debut pertamanya pada ajang tersebut.

Alhamdulillah, I am very happy and proud to be part of our school team that successfully archieved Runner-Up in the English Debate Competition Kab. Demak. Sejak awal, tim Smansade berkomitmen kuat untuk berlatih dengan keras. Saya pribadi sangat bersyukur dapat meraih posisi runner up 1, walau memang lumayan greget tinggal satu langkah lagi merengkuh gelar champion. But, in the end of the day I'm always be grateful and proud of my team,” terang siswa yang fasih berbahasa Inggris itu.

Sementara itu, pada ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) 2023 menghasilkan pemenang-pemenang sebagai berikut.

Juara 1 SMAN 1 Demak

Juara 2 SMAN 2 Demak

Juara 3 SMAN 1 Dempet.

Tim LDBI SMAN 1 Demak 2023 terdiri dari : Naimatuz Zahro (XI-MIPA 4), Mutia Ilma Ramadhani (XI-MIPA 5), dan Ayatullah Sirrullah Ziyan Fadzley Ahmad (XI-MIPA 6).

Sukses merengkuh juara I, membuat Ayatullah Sirrullah Ziyan Fadzley Ahmad memberikan kesannya tersendiri.

“Lomba debat kemarin berlangsung cukup sengit. Tim-tim dari sekolah lain benar-benar kuat dan Tangguh dalam penyampaian argumen. Alhamdulillah, tim Smansade mampu melewati semua itu dan akhirnya berhasil meraih juara 1. Tentu sangat senang dan bangga akan hal tersebut,” ujarnya.

Para pemenang baik dari LDBI maupun NSDC 2023 nantinya akan dipersiapkan untuk melaju ke babak provinsi mewakili Kabupaten Demak.

Selamat kepada para juara, semoga bias meningkatkan kemampuan berbahasa dan berargumen. Semoga semakin mnambah wawasan dan pengalaman.

Cerdas dalam memberikan pendapat, santun dalam penyampaian pesan, dan ukir prestasi melalui kompetisi yang diikuti. Smansade Juara! (BA/Hum).

Sekolah Lomba Prestasi

KOMENTAR

Yulia Mufarichah - Kamis,

Masya Allah, Tabarakallah... Selamat dan suksws untuk SMAN 1 Demak. Semoga selalu dan semakin jaya!

Gadang lituhayu - Kamis,

Semoga semakin maju!!!

Ifana - Kamis,

Congratulation SMA 1 Demak. Semoga selalu berprestasi ☺????

Firruz Zakky - Kamis,

Suksesss selalu, jayaa jaya jaya!

Yaksa - Kamis,

SMAN 1 DEMAK Sukses selalu,dan selalu memberikan yang terbaik

Safira - Kamis,

KERENN

Aulya Larasati - Kamis,

Selalu semangat untuk meraih kesuksesan‼️

Panji - Kamis,

Kerenn????????

Balqis - Kamis,

Wah.. Selamat untuk SMA 1 Demak, sukses selalu!! ^^

Panji - Kamis,

KERENN BANGETT!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT