; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Memahami Sesama dengan Saling Berbagi di Bulan Suci

Minggu, 09 April 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 461 Kali

Smansade Update- Musim Ramadan penuh dengan kebaikan. Event yang sesuai untuk mengaplikasikan aksi kemanusiaan dengan visitasi, berbagi, dan memberi. Dua pilar organisasi sekolah, OSIS dan MPK merealisasikannya.

Kamis (06/04/2023) menjadi hari yang dijadwalkan untuk berbagi kepada yang membutuhkan. Dilangsungkan secara bersamaan dengan tema dan lokasi yang berbeda. Namun membawa satu tujuan yang sama: membumi dengan sesama insan ciptaan-Nya.

Santuni Anak Yatim di Desa Bolo

Ramadan tahun ini, OSIS SMAN 1 Demak kembali menggelar kegiatan anjangsana. Bentuk kegiatan berupa kunjungan, merajut kebersamaan dan saling berbagi kebaikan. Balai Desa Bolo Demak menjadi destinasi event-nya.

Selayang info yang dibalut dengan tutur historis lokal, Desa Bolo merupakan salah satu desa yang secara administrtaif menjadi bagian dari Kecamatan Demak Kota. Desa Bolo lokasinya termasuk strategis karena langsung terintegrasi pada jaringan Jalur Pantura Demak. Jarak antara desa dengan pusat kota kurang lebih 5 km.

Desa yang lumayan padat penduduk dengan konsentrasi tertinggi pada pekerjaan bercocok tanam tersebut memiliki jejak historis lokal yang terekam dengan baik. Meskipun terdapat beberapa versi, menurut salah satu keterangan perangkat desa asal mula keberadaan Desa Bolo tidak dapat dipisahkan dari figur Mbah Bolo. Dikisahkan bahwa Mbah Bolo masih memiliki relasi dengan Sunan Muria, salah satu anggota Wali Songo. Apabila timeline sejarahnya tepat, maka Mbah Bolo kemungkinan besar sudah ada sejak 500-600 tahun silam Masyarakat desa meyakini bahwa Mbah Bolo semasa hidupnya berperan sebagai pendakwah sekaligus pedagang. Bukti otentik keberadaan pendiri desa dibuktikan dengan adanya Makam Mbah Bolo yang sering dijadikan tempat ziarah penduduk setempat.

Anjangsana dibuka pukul 16.00 WIB. Anak-anak dengan status yatim, piatu, maupun yatim piatu menjadi prioritas utama dalam giat tersebut. Balai Desa yang luas menjadi venue lokasinya. Pada sambutannya, wakil kepala bidang kesiswaan, Winarno, S.Pd., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Anjangsana memiliki banyak benefit yang positif dari berbagai sisi kehidupan.

“Alhamdulillah, anak-anak OSIS SMAN 1 Demak selama ini memiliki jiwa humanis dan kepedulian yang tinggi. Berkontribusi nyata dibidang kemasyarakatan dengan bersentuhan langsung menjadi pembelajaran sosial dan terbentuknya penguatan karakter yang bagus. Selain itu, semoga dengan kegiatan semacam ini membawa manfaat baik dan jangka panjang baik untuk SMAN 1 Demak maupun warga Desa Bolo,” ujar guru olahraga tersebut.

Menyantuni anak yatim dengan kegiatan tahunan anjangsana di bulan penuh berkah

Rangkaian kegiatan Anjangsana diisi dengan mini-games berhadiah untuk anak-anak Desa Bolo lalu dilanjut dengan kultum dari tokoh masyarakat desa, Kyai Kuntari. Kisah Nabi Muhammad SAW terhadap anak-anak yatim menjadi tajuk yang disampaikan. Selain itu, juga pentingnya menjaga kerukunan, persaudaraan, dan perdamaian antar sesama umat manusia.

Acara anjangsana ditutup dengan pembagian bingkisan dan santunan kepada anak-anak desa. Pukul 17.40 WIB, kegiatan di salah satu bangunan penting di Desa Bolo tersebut dirampungkan.

Berbagi Takjil dan Sembako on The Road

Sementara itu, dengan memakai dresscode angkatan, MPK SMAN 1 Demak melakukan kegiatan serupa. Membagikan takjil (makanan pembuka iftar) dan sembako kepada pengguna jalan.

Beberapa titik seperti kawasan lampu merah Hutan Kota Mahesa Jenar, area sekitar Taman Makam Pahlawan Cahya Ratna Bintarum, Jalan Sultan Hadiwijaya (jalan tembus) hingga depan Pasar Bintoro menjadi medan kegiatannya.

Saling berbagi dengan mereka yang membutuhkan

 

Kegiatan berbagi dimulai pukul 16.00 WIB dan rampung menjelang berbuka puasa.

Bulan penuh rahmat, saatnya mendamaikan hati dengan memahami dan mengerti sesama melalui saling berbagi. (BA/Hum).

Sekolah Ramadhan Kemanusiaan
  1. TULISAN TERKAIT