; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Optimisme Tinggi pada Helatan OSN-K 2023

Jum'at, 07 April 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 267 Kali

Smansade Update- Olimpiade Sains Nasional menjadi salah satu indikator utama mengukur kemampuan akademik intake dari setiap instansi pendidikan. Selama dua hari ke depan, nadi Smansade yang selama ini kuat dalam hal akademik akan diuji kembali. Optimisme tinggi tetap digaungkan.  

Tahap seleksi awal Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2023 telah dimulai. Gelaran berjenjang tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut bermula dari tingkat paling dasar, yaitu kabupaten. Oleh sebab itu, jamak disebut sebagai OSN-K.

Sistem pelaksanaan OSN-K dilakukan di masing-masing sekolah. Pada helatan tahun ini, Smansade mengirimkan empat puluh lima wakil terbaiknya untuk berjuang mencapai tingkat tertinggi secara bertahap. Mulai dari provinsi, nasional, dan syukur-syukur dapat meraih ke jenjang internasional.

Terhitung mulai sejak Rabu (05/04/2023) OSN-K dimulai dengan muatan pembuka yang diujikan adalah biologi, ekonomi, geografi, dan fisika. Siswa-siswi yang mewakili sekolah memasuki laboratorium komputer yang telah dipersiapkan dan mulai mengerjakan soal-soal sesuai dengan konsentrasi muatan masing-masing. Setiap ruangan juga didampingi oleh pengawas silang, istilah yang merujuk pada kehadiran guru dari sekolah lain dengan tugas utama mengawal, memandu, dan mengawasi pelaksanaan kompetisi.

Sedangkan hari kedua, Kamis (06/04/2023) giliran muatan informatika, astronomi, kebumian, matematika, dan kimia yang diujikan.

Masing-masing muatan yang diujikan terdiri dari lima peserta didik sehingga jika ditotal sebanyak 45 siswa berlaga di ajang ini. Kompetisi dimulai dari pukul 08.00 dan berakhir berbeda untuk tiap mapelnya.

Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd menyatakan bahwa ajang OSN-K merupakan pintu awal untuk membuktikan eksistensi Smansade dalam kancah akademik. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa tidak ada sesuatu yang instan untuk mengukir prestasi.

“Demi meneguhkan dan kembali mengukir prestasi, tidak ada cara lain, selain dengan berusaha dan berdoa. Semoga sukses untuk SMAN 1 Demak pada gelaran OSN-K tahun ini,” jelasnya.

Bimbingan intensif telah dilakukan, drilling latihan-latihan pun juga dimasukkan. Panggung untuk membuktikan telah disiapkan. Selamat berkompetisi. (AD/BA/Hum).

Sekolah Ksn Kompetisi
  1. TULISAN TERKAIT