; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Menjadi Profil Pelajar Pancasila Materi Utama MPLS

Kamis, 14 Juli 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1270 Kali

SMANSADE Update- Kurikulum Merdeka menjadi sistem pembelajaran yang wajib mulai diterapkan secara serentak pada tahun ajaran 2022/2023. Unsur pembentukan karakter melekat didalamnya. Pengenalan profil pelajar pancasila menjadi salah satu agendanya.

Masa Pengenalan Limgkungan Sekolah (MPLS) memasuki hari ketiga (13/07/2022). Pada hari yang jatuh pada Rabu tersebut, peserta MPLS mendapatkan pembekalan dari para narasumber. Implementasi Kurikulum Merdeka dan profil pelajar Pancasila di lingkungan SMAN 1 Demak menjadi menu utamanya.

Bertempat di dua lokasi agar dapat terakomodir semuanya. Aula yang memiliki memiliki daya tampung besar dialokasikan untuk gugus V hingga XII sementara Musholla At-Taqwa menjadi melting pot bagi gugus I-IV.

Dua narasumber langsung mengisi materi disaat yang bersamaan dengan sistem shifting. Waluyo Sudarmo, S.Pd., M.Pd., M.Si selaku wakil kepala bidang kurikulum memberikan pengenalan implementasi Kurikulum Merdeka di aula sekolah. Berdasarkan penjelasannya, siswa kelas X tidak aka nada penjurusan. Semuanya mendapatkan mata pelajaran baik rumpun MIPA (matematika, fisika, biologi, dan kimia) maupun IPS (sejarah, geografi, sosiologi, dan kimia). Selain itu, yang khas pada kurikulum merdeka terdapat pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan nilai-nilai pelajar Pancasila. Waka kurikulum juga menegaskan bahwa motto belajar di Smansade yakni “prestasi penting, jujur lebih utama” sebagai bagian dari program pembentukan karakter peserta didik selaras dengan tujuan pemerintah.

Sementara di surau At-Taqwa, Winarno, S.Pd., M.Pd memaparkan tentang penguatan profil pelajar pancasila dihadapan 144 peserta MPLS.

“Sebagai siswa SMAN 1 Demak, wajib hukumnya anda untuk memenuhi enam ciri utama pelajar pancasila. Yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, memiliki nalar kritis dan mampu menemukan ide-ide kreatif. Tak kalah penting pula, wajib memberi respek tinggi kepada bapak/ibu guru dan tenaga kependidikan serta menjalin ikatan positif dengan sesama civitas sekolah. Itulah standar yang harrus siswa-siswi SMAN 1 Demak sebagai sekolah pionir sekaligus episentrum pendidikan di Kabupaten Demak,” terang guru olahraga tersebut.

Selain mendapatkan wawasan baru mengenai dunia kurikulum dan profil pelajar pancasila, peserta MPLS juga diperkenalkan dengan beragam organisasi maupun ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Terdapat setidaknya 24 ekstrakurikuler yang dapat dipilih untuk mengasah bakat, minat, dan preferensi peserta didik baru.

Diperkenalkan dengan para pembimbing akademik (wali kelas)

Apel siang sekaligus penutup rangkaian kegiatan MPLS 2022 dilaksanakan pukul 13.00 WIB dan langsung secara resmi ditutup oleh kepala sekolah. Pada kesempatan tersebut, peserta MPLS juga diperkenakan secara langsung dengan bapak/ibu guru pembimbing akademik untuk kelas X-1 s.d X-12.

Bekal telah diberikan. Wawasan sudah diinformasikan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2022 telah ditutup tirai acaranya. Saatnya peserta didik baru menunjukkan eksistensinya dengan semangat belajar, semangat meraih prestasi diiringi dengan aspek kejujuran yang hakiki. (BA/Hum).  

Sekolah Osis Mpls
  1. TULISAN TERKAIT