; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMAN 1 Demak

Selasa, 12 Juli 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 781 Kali

SMANSADE Update- Peserta didik baru merupakan generasi yang akan dipersiapkan pada masa mendatang, pendidikan menjadi sesuatu proses yang tidak bisa lepas dari prosesnya. Wajah-wajah baru perlu diperkenalkan dengan lingkungan pendidikannya. Pendekatan yang humanis dan intelektual menjadi metodenya. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2022 dimulai gongnya.

Senin hingga Rabu (11-13/07/2022) menjadi awal dimulainya musim tahun ajaran baru. Peserta didik baru akan menempati pendidikan lanjutannya. Dalam hal ini dari jenjang SMP akan segera berganti menjadi SMA. Pada masa-masa transisi SMP ke SMA, sekolah memanfaatkan momen tiga hari untuk mengenalkan siswa-siswi baru dalam program MPLS 2022.

Hari pertama MPLS peserta didik diberikan pemaparan materi dan berdialog kaitannya dengan lingkungan sekolah. Terdapat empat pembicara yang menjadi narasumber yakni kepala sekolah Sholikin, S.Pd., M.Pd, wakil kepala bidang sarana-prasarana Kariyanto, S.Pd, wakil kepala bidang  hubungan masyarakat Esti Ambirati S.S., M.Si dan kepala perpustakaan Setyo Nugroho, S.Pd., M.Pd. Berturut-turut para nasarumber menyampaikan tentang kebijakan sekolah, wawasan sekolah Wiyata Mandala, etika pelajar, dan dunia kepustakaan di sekolah.

Peserta MPLS SMAN 1 Demak 

Sistem penyampaian materi dengan metode shifting. Peserta di aula diberi materi tentang kebijakan sekolah dan disaat bersamaan, mereka yang berada di musholla mendapatkan pemaparan tentang sekolah Wiyata Mandala. Setelah 30 menit, narasumber akan tukar tempat dan menyampaikan pemaparannya ditempat baru.

Selain melakukan dialog wawasan lingkungan sekolah dengan narasumber, peserta didik juga dibimbing oleh para pendamping gugus (kakak kelas XI dan XII yang menjadi fungsionaris OSIS) untuk melakukan school walking tour. Menyusuri setiap tempat, gedung, fasilitas penunjang, dan sudut-sudut yang dimiliki oleh sekolah. Menjelang pukul 12.30 WIB, peserta MPLS dikumpulkan kembali dilapangan utama untuk mengikuti apel siang sekaligus menutup kegiatan MPLS dihari pertama.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, periode dimana siswa-siswi baru mendapatkan wawasan dan pengalaman dengan sistem sekolah yang telah dipilihnya. Sehingga diharapkan para peserta didik ketika menuntut ilmu di SMAN 1 Demak akan lebih terbantu (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Osis Mpls
  1. TULISAN TERKAIT