; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Siswa-Siswi SMAN 1 Demak Ikut Ambil Bagian dalam Kirab Budaya 2022

Senin, 11 Juli 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 554 Kali

SMANSADE Update- Setiap daerah memiliki cerita. Tiap kota mempunyai karakternya. Sebagian fokus pada modernitas, sebagian yang lain mempertahankan eksistensi akulturasi yang berpadu dengan perayaan religi. Kirab Budaya Demak menjadi salah satu dalam hal ini.

Minggu (10/07/22) merupakan hari yang istimewa, khususnya untuk umat Islam. Idul Adha atau identik dengan Hari Raya Kurban jatuh pada hari tersebut. Pemandangan menarik terlihat di area kantor Bupati Demak. Masyarakat Kota Wali memadati Kawasan tersebut. Meski mentari semakin meninggi tidak menyurutkan niat untuk melihat langsung festival kebudayaan yang akan dimulai.

Tercatat, pada perayaan setahun sekali tersebut SMAN 1 Demak juga mengirimkan perwakilannya. Anak pramuka diberi tugas menjadi bagian dari rantai pagar betis. Dua puluh satu siswa-siswi berasal dari grup rebana An-Najam Sekolah dan 18 dari organisasi Paskibra dan PKS (Polisi Keamanan Sekolah) mengisi sebagai prajurit patangpuluhan

Kegiatan kirab budaya Demak merupakan warisan sejak masa Kesultanan Demak Bintoro. Eksistensi 40 prajurit tersebut diyakini sebagai pengawal khusus Sultan Demak pada masa itu. Saat ini, keberadaan prajurit patangpuluhan difungsikan untuk menjaga dan mengantar minyak jamas dari Pendopo Bupati Demak menuju Kawasan Kadilangu untuk diberikan kepada ahli waris Sunan Kalijaga. Minyak jamas tersebut digunakan untuk menjamas (membasuh) “harta sejarah” peninggalan Kesultanan Demak yaitu Keris Kyai Carubuk dan Rompi Ontokusumo milik Sunan Kalijaga.

Festival budaya Demak dimulai pukul 09.30 WIB dengan star dari Pendopo Bupati Demak. Selain prajurit patangpuluhan, dimasukkan pula unsur kesenian budaya Demak seperti rebana, tari zippin, dan atraksi barongan. Barisan kereta kuda dihias sedemikian rupa yang memuat para pemangku kebijakan di Kabupaten Demak juga mengisi prosesi karnaval budaya.

Antusias menyambut Bupati Demak dalam Kirab Budaya Demak 2022

Bagus Kurniawan mengaku senang mendapatkan pengalaman baru dari perannya tersebut. “Alhamdulilah diberi amanah oleh sekolah untuk berperan dalam event besar seperti ini. Tentunya banyak manfaat yang diterima. Menyerapi warisan budaya lokal dan mendapatkan teman-teman baru dari sekolah lain yang seperjuangan untuk mensukseskan acara ini. Benar-benar luar biasa,” ungkap siswa  kelas XII tersebut.

Kirab Budaya Demak, warisan luhur dari masa klasik yang memuat nilai-nilai humanis dan bersandingan dengan zaman yang semakin futuristik (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Budaya Paskibra
  1. TULISAN TERKAIT