; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Peringati Hari Bumi dan Air 2022: SMAN 1 Demak Dorong Peduli Lingkungan

Kamis, 24 Maret 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 2273 Kali

SMANSADENews- Tanah dan air adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Kedua unsur tersebut tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, Beragam upaya dilakukan agar bisa dimanfaatkan dari apa yang ada serta turun dari langit tersebut. selalu menuangkan kebaikan alam bagi setiap insan. Hari Bumi dan Air sedunia pada tahun 2022 ini merupakan momentum yang tepat untuk melesatarikan bumi dan air kembali, sehingga tetap tetap dimanfaatkan pada masa mendatang. 

Tema “Invest in Our Planet” dan “Groundwater-Making the Invisible Visible” yang dilansir dari situs earthday.org mewarnai Peringatan Hari Bumi dan Air Sedunia Tahun 2022. Investasi pada planet yang kita cintai dan membuat air tanah dari tak terlihat menjadi terlihat merupakan makna dari kedua tema tersebut. Sebagai bagian dari peradaban manusia yang tentu membutuhkan bumi (tanah) sebagai tempat berpijak dan air yang menjadi elemen vital untuk hidup, SMAN 1 Demak ikut memeriahkan kampanye  berbuat baik kepada alam tersebut.

OSIS SMAN 1 Demak, dalam kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Bumi dan Air difokuskan dalam wujud kompetisi. Kelas X dan XI yang ambil bagian didalamnya. Kompetisi yang dimaksud bertajuk Ornare Park dan Pembuatan Biopori.

Guelis Cahaya Ratna Bintarum sebagai panitia pelaksana  menyampaikan “Kegiatan peringatan Hari Bumi dan Air 2022 di lingkungan SMAN 1 Demak kami ambil dalam bentuk lomba menghias dan mempercantik taman dengan Tujuannya agar siswa-siswi di SMAN 1 Demak bersama-sama aware (sadar) untuk lebih perhatian dengan keberadaan taman di lingkungan sekolah. Bahwa selain menampilkan sisi estetika, taman sekolah yang ditanami beragam tetumbuhan juga berperan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Sementara pembuatan biopori, agar daya resap air ke dalam tanah lebih optimal dan dalam jangka panjang menjadi air tanah yang dapat memberi kebaikan alam nantinya.” Terang siswi yang duduk dibangku kelas XI tersebut.

Kompetisi yang bertajuk alam tersebut dilaksanakan di lingkungan sekolah dengan setiap kelas dapat menghias taman-taman yang ada di depannya. Diperlukan kerjasama dari setiap penghuni kelas untuk dapat memaksimalkan penghiasan taman sekolah dengan beragam bibit tumbuhan yang diakomodir secara mandiri. Begitu juga dengan pembuatan pipa-pipa biopori.

Selain membuat kompetisi menghias taman dan membuat biopori, juga diadakan kegiatan bersih-bersih selokan besar di depan sekolah yang digawangi siswa-siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler Pecinta Alam Swapala Kalijaga.

Kegiatan Peringatan Hari Bumi dan Air di SMAN 1 Demak berlangsung pada Kamis (24/03) mulai pukul 08.00 hingga selesai pukul 12.00 WIB. dengan melibatkan berbagai unsur yang terlibat, siswa kelas X, XI, guru maupun karyawan.

Manusia memiliki peranan tanggung jawab besar dalam mengolah, memanfaatkan, dan merawat keberadaan bumi serta air. Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd dalam sambutan pembukaan apel kegiatan.

“Tuhan menciptakan manusia dan diberi akal untuk menjadi khalifah (pemimpin) di bumi. Salah satu tanggung jawab besar yang diemban yaitu dapat merawat bumi dan air sehingga memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan peradaban. Jika bukan kita, siapa lagi yang merawatnya? Oleh sebab itulah mari bersama-sama kita lestarikan eksistensi bumi dan air dengan mengadakan kegiatan positif seperti ini. Lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman membuat pembelajaran jadi menyenangkan. SMAN 1 Demak bisa, SMAN 1 Demak yess!” Tuturnya. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Taman Kesehatan
  1. TULISAN TERKAIT