; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Para juara 1 dan 2 beserta guru pembina

Siswa SMAN 1 Demak Borong Juara I dan II Lomba Menulis Artikel Populer

Kamis, 09 Desember 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1098 Kali

SMANSADENews- Ukiran pencapaian positif diraih lagi pada bulan akhir kalender masehi tahun ini. Melalui kegiatan yang bertema Festival Literasi 2021, keran prestasi terbuka kembali untuk SMAN 1 Demak.

Kamis pagi menjelang siang, (09/12) kemarin sekitar pukul 10.00 WIB, bertempat diaula utama perpustakaan dan kearsipan daerah (Perpusda) Demak diadakan event seminar literasi sekaligus pemberian award bagi para pemenang lomba yang diadakan perpusda Demak tahun 2021. Tidak tanggung-tanggung, perwakilan dari SMAN 1 Demak yang berpartisipasi dalam ajang tersebut menyabet juara pertama dan runner-up lomba menulis artikel populer dengan tema  Budaya Literasi, Inovasi dan Kreatif.

Adalah Vera Dewi Nazarina sang peraih juara pertama dan Andini Cahya Alifiany sebagai peringkat kedua. Kedua siswi tersebut sama-sama duduk dibangku kelas XII-MIPA 2. Ditemui setelah acara penyerahan hadiah, Vera menyatakan antusiasmenya memenangkan lomba tersebut.

“Awalnya tidak menyangka akan meraih peringkat pertama. Saya ikut karena kebetulan hobi membaca dan senang menulis karya non-fiksi. Alhamdulilah berkat motivasi Pak Setyo selaku pembina KIR (Karya Ilmiah Remaja) Smansade membuat saya yakin mencoba menyumbangkan tulisan artikel populer yang dibuat. Tentu pencapaian ini menjadi motivasi untuk dapat berkembang lebih lagi dalam dunia literasi ke depannya nanti”. Tutur siswi yang menjadikan literasi sebagai bagian dari rutinitas sehari-harinya itu.

Terpisah, melalui sambungan udara via Whats App, pembina KIR SMAN 1 Demak, Setyo Nugroho,S.Pd., M.Pd menuturkan rasa syukur dan senangnya terhadap pencapaian siswa yang dibinanya, sekaligus sebagai kado akhir tahun untuk sekolah.

“Sebuah pencapaian yang bagus dan progresif dibidang literasi bagi sekolah. Saya bangga dengan adanya bibit-bibit yang gemar berliterasi dan publikasi karyanya seperti Vera dan Andini ini. Semoga prestasi mereka berdua dapat memotivasi untuk yang lainnya untuk bergerak, bergerak, dan bergerak menyebarkan virus-virus literasi demi kemajuan bangsa di masa depan nanti”. Tutur guru yang juga menjadi kepala Perpustakaan Titian Widya Pustaka itu.

Festival Literasi, merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Banyak kegiatan pada ajang tersebut seperti seminar literasi, workshop, webinar, dan lomba-lomba yang mengandung unsur literasi (Cipta Puisi, Membuat Cerpen, dan Menulis Artikel Populer.

Tujuan diadakan event Festival Literasi yakni mensosialisasikan, menumbuhkan, dan menyebarkan pentingnya kegiatan literasi bagi perkembangan bangsa dan negara. Info lengkap untuk mengetahui kegiatan tersebut beserta pengumuman para juara lomba dapat diintip pada laman instagram @dinperpusar_demak. (Ba/cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Literasi
  1. TULISAN TERKAIT