; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Tiga siswa-siswi Sman 1 Demak di dampingi pelatih menerima medali juara Popda di kota Salatiga Jawa Tengah pada senin, 19 April 2021

Siswa SMAN 1 Demak Raih Juara Karate POPDA Tahun 2021 Tingkat Jawa Tengah

Rabu, 21 April 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 791 Kali

SMANSADE- Kabar membanggakan dari cabang non-akademik datang dari SMA Negeri 1 Demak. Adalah Anisah Lia Qur’ani (XI Mipa 2), Fatihatus Saniyah (XI Ips 2), dan Syanindita Ardian Wiratama (XI Mipa 7) tiga siswa tersebut menjadi representasi Kabupaten Demak. Pada bulan keempat di tahun 2021 ini, ketiganya berhasil menyabet tiga medali dalam ajang POPDA 2021 yang diselenggarakan oleh DISPORAPAR (Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata) Provinsi Jawa Tengah.

 

POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) merupakan perhelatan berbagai cabang olahraga untuk tingkat SD, SMP, maupun SMA/SMK setiap tahun yang diadakan oleh masing-masing daerah. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk menggalakkan semangat sportivitas berolahraga pada kalangan pelajar sekaligus pendeteksian dan penemuan bibit-bibit unggul untuk masing-masing cabang olahraga. Akan tetapi, pada tahun ini dikarenakan masih tingginya angka pandemi COVID-19, maka mekanisme penyelenggaraan mengalami perubahan pelaksanaannya. Selain itu, karena sudah tingkat SMA/SMK diamanahkan ke tingkat provinsi maka penyelenggaraan POPDA, yang menjadi host adalah DISPORAPAR Jawa Tengah.

 

Penyelenggaraan POPDA 2021 dimasa penuh keprihatinan seperti saat ini dibagi menjadi dua bagian. Tahap I yang diadakan pada bulan April dikhususkan bagi cabang individu seperti senam, pencak silat, karate dan terbaru yaitu tarung drajat. Semua cabang olahraga tersebut dilaksanakan secara virtual. Sedangkan untuk tahap II kuotanya diperuntukkan bagi olahraga beregu macam voli dan basket yang akan digelar rencananya pada September mendatang.

 

Kegiatan POPDA Tahap I telah selesai. Para peserta yang memenangkan cabang olahraga yang bersifat individu diundang oleh pihak DISPORAPAR Jawa Tengah pada tanggal 19 April 2021 di Kota Salatiga untuk menerima reward berupa piagam dan medalinya. Fatihatus Saniyah, salah satu peserta cabang olahraga karate putri yang mewakili SMA Negeri 1 Demak tidak dapat menyembunyikan rasa senangnya.

 

“Alhamdulilah, berkat doa yang terus dipanjatkan dan disiplin latihan intensif, untuk saat ini saya dapat meraih juara II meskipun sebenarnya tetap bermimpi menjadi juara sesungguhnya (juara I,-red). Semoga pada kesempatan mendatang prestasi yang dapat diraih lebih meningkat lagi.” Ujar siswi yang saat ini duduk dibangku kelas XI tersebut.

 

Secara terpisah, Kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kesiswaan sekaligus guru olahraga SMA Negeri 1 Demak, Winarno, S.Pd, M.Pd menuturkan bahwa prestasi yang diraih oleh tiga siswa Sman 1 Demak diajang POPDA merupakan suatu achievement yang patut diapresiasi tinggi. 

 

“Alhamdulilah, puji syukut kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa pada event POPDA tahun 2021 dengan segala keterbatasannya dikarenakan masa seperti ini, SMAN 1 Demak tetap dapat berbicara dengan baik dikancah non-akademik berjenjang. Mendapatkan dua prestasi juara II tingkat provinsi untuk karate kata beregu putri dan yang satunya lagi juara III bagi cabang Tarung Derajat Ghanang Putra. Hal ini menjadi penanda yang sangat baik ditahun ini. Selain itu, dengan diraihnya prestasi yang berjenjang dilevel provinsi, akan menjadi kredit positif tersendiri bagi sekolah secara umum dan secara khusus untuk siswa-siswa kita yang berhasil mengharumkan nama almamater tempat mereka menimba ilmu”. Terangnya.

Olahraga memang sudah seharusnya menjadi lifestyle sehat bagi masyarakat. Melalui event POPDA seperti ini secara tidak langsung juga mengkampanyekan gaya hidup sehat. Terlebih di situasi seperti sekarang ini. Tagline POPDA 2021 yang digunakan juga sesuai: Raih prestasi di masa pandemi!. (BA/Cr/Hum).

Olahraga Sekolah Kesiswaan
  1. TULISAN TERKAIT