; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Meriah! Smansade Bersholawat Digelar Peringati Maulid Nabi 1445 Hijriah

Senin, 09 Oktober 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 475 Kali

Smansade Update – Bagi keyakinan umat muslim, figur Nabi Muhammad SAW sangatlah istimewa. Kehadirannya layaknya cahaya penerang yang menghapus gelapnya adab manusia pada saat itu. Segala yang berkaitan dengan sang Nabi hendaknya diperingati dengan suka cita. Termasuk momen kelahirannya 1445 tahun lalu.

Jumat (06/10/2023), lingkungan SMAN 1 Demak pagi itu terlihat berbeda. Panggung telah disiapkan, tempat peneduh juga terpasang. Pakaian dominan putih nampak ramai mengisi lapangan utama sekolah. Hari itu, dilangsungkan kegiatan Smansade Bersholawat dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Event yang dikawal organisasi Rohis SMAN 1 Demak tersebut mendapatkan antusiasme luar biasa. Momen yang tepat untuk kembali mengisi relung-relung jiwa dengan aspek spiritual berlandaskan rasa syukur dan suka cita terhadap figur nomor satu dalam keyakinan Islam.

Berkaitan dengan alasan diadakan kegiatan Smansade Bersholawat, pembina Rohis SMAN 1 Demak, Choerul Rozak, S.Pd.I., M.Pd memberikan jawabannya.

“Melalui kegiatan Smansade Bersholawat dengan pembacaan Maulid Al-Barjanji, semoga membawa dampak yang baik untuk segenap civitas sekolah. Menjadikan figur Nabi Muhammad SAW sebagai penutan utama, role model dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pula kelak mendapatkan syafaat dan ampunan serta menjadi golongan orang-orang yang beruntung,” jelas guru pengampu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Islam tersebut.

Bintang tamu utama dalam kegiatan Smansade Bersholawat adalah Habib Shodiq bin Jafar Baharun dari Nalumsari, Jepara. Diundang pula untuk pengiring kegiatan Maulid kelompok rebana Suto Wijoyo.

 

Smansade Bersholawat dengan antusias yang tinggi

 

Acara yang berlangsung dari pukul 07.30-10.30 WIB tersebut diikuti segenap civitas sekolah (peserta didik kelas X-XII, tenaga kependidikan, dan dewan guru). Habib Jafar memimpin jalannya Smansade Bersholawat dengan meriah, kusyuk, dan memberikan mauidhoh hasanah (ceramah) tentang pentingnya adab peserta didik untuk menghormati orang tua baik di tempat tinggal maupun sekolah sesuai dengan akhlak Nabi Muhammad yang terpuji tingkah lakunya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen tepat untuk kembali meneladani akhlak Rasulullah agar menjadikan diri sebagai pribadi yang cerdas dan ber-akhlakul kharimah di era modern (BA/Hum).

Sekolah Rohis Agama
  1. TULISAN TERKAIT