; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Awal Oktober Smansade: Hari Kesaktian Pancasila, Program P5, dan Raih Juara

Selasa, 03 Oktober 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 785 Kali

Smansade Update – Oktober 2023 telah menyapa. Kalender dengan 31 hari tersebut telah menyiapkan panggungnya. Tinggal diisi momen bermaknanya. Awal Oktober, kembali lagi Smansade menunjukkan produktivitasnya.

Senin (02/10/2023) menjadi hari produktif pertama dalam kalender Oktober. Pada hari itu dilakukan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan SMAN 1 Demak.

Peristiwa historis bagi Bangsa Indonesia tersebut diperingati agar pesan masa lampau selalu mengalir kepada generasi selanjutnya. Menunjukkan kepada tunas-tunas muda bangsa bahwa dasar negara, yaitu Pancasila tidak dapat digantikan oleh ideologi-ideologi lain.

Hal tersebut disampaikan kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd saat memberikan amanatnya sebagai pembina upacara.

“Seperti yang telah anda semua ketahui, bahwa peristiwa G30S tahun 1965 membawa duka dan petaka bagi sejarah Bangsa Indonesia. Dimana pada saat itu ada ‘oknum-oknum’ yang ironisnya berasa dari bangsa Indonesia sendiri yang justru ingin mengubah nilai-nilai Pancasila. Tujuh perwira tinggi menjadi korban dari peristiwa tersebut. Namun Pancasila tetap kokoh berdiri. Tetap ‘sakti’ sebagai pedoman hidup bangsa. Generasi muda, selalu terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan anda,” jelasnya.

Sehari sebelumnya, yakni Minggu (01/10/2023) kontingen SMAN 1 Demak yang berjumlah 90 peserta didik gabungan dari unsur Paskibra BARATA dan PKS Wira Smansade juga mengikuti kegiatan upacara Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Sekretaris Daerah (Setda) Kab. Demak bersama dengan instansi-instansi lainnya.

 

Representasi Smansade Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Setda

 

Selain diselenggarakan upacara Hari Kesaktian Pancasila, pada saat itu juga sekaligus dijadikan event untuk membuka kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk kelas X dan XI yang terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka.

Kelas X dikenalkan dengan tema Suara Demokrasi dan kelas XI menyelesaikan tema Kearifan Lokal. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari. Mulai tanggal 02 Oktober 2023 hingga selesai 05 Oktober 2023.

Raih Juara Bidang Rohani dan Budaya

Sementara itu, ketika Minggu (01/10/2023) tim rebana Al-Anjam SMAN 1 Demak juga sukses mengguratkan prestasi. Mengikuti ajang lomba bertajuk Fesma (Festival Maulid Remaja Masjid Agung Demak) dan meraih juara I.

Fesma adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh organisasi Remaja Masjid Agung Demak yang berbentuk lomba rebana. Tahun 2023, peserta lomba sebanyak 14 tim dari berbagai sekolah pada lingkup Kabupaten Demak. Lokasi lomba digelar pada serambi Masjid Agung Demak dari pukul 07.00 WIB dan selesai pukul 14.00 WIB.

Tampil denngan effort penuh, mendapatkan big applause dari para juri dan audiens membuat tim rebana Al-Anjam yang terdiri dari 16 siswa-siswi SMAN 1 Demak pantas menyandang predikat juara I pada ajang tersebut.

 

Berikan Kontribusi Nyata, Raih Juara Tim Rebana Al-Anjam Smansade

 

Pendamping sekaligus pembina rebana, Wahyu Diyanirrohmah, S.Pd.I mengungkapkan bahwa kemenangan yang diraih merupakan kerja keras dan berharap dapat terus melaju sejauh mungkin.

Alhamdulillah, kemenangan ini menjadi kemenangan pula untuk sekolah. Anak-anak memberikan yang terbaik pada penampilannya dan semoga menjadi motivasi lebih untuk meraih pencapaian-pencapaian pada tingkat selanjutnya,” terangnya.

Oktober memang baru dibuka, namun SMAN 1 Demak telah mengambil langkah awal untuk tetap dan terus menunjukkan eksistensinya: berkontribusi, jalankan program edukasi, dan berprestasi. (BA/Hum).

Sekolah Upacara Prestasi
  1. TULISAN TERKAIT