; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Dewan Ambalan Trisula Smansade Tutup Tirai September dengan Prestasi

Sabtu, 30 September 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 416 Kali

Smansade Update Dewa-Dewi SMAN 1 Demak yang bernaung dalam Dewan Ambalan Trisula (DAT) ukirkan prestasi. Ektrakurikuler sekaligus fungsionaris kepramukaan di SMAN 1 Demak tersebut menutup September dengan persembahan yang manis.

Seminggu telah berlalu. Namun gaung kemenangan masih tetap terasa. Hari itu, Sabtu (23/09/2023) lokasi SDN Bintoro 8 Demak menjadi saksinya. Trofi piala kejuaraan kategori putra dan putri berhasil diamankan tim DAT SMAN 1 Demak dalam ajang Lomba Cerdas Tepat Pramuka (LCTP) 2023.

Sekedar diketahui, kegiatan kepramukaan memiliki beragam event berjenjang. Salah satunya adalah Lomba Cerdas Tepat Pramuka atau LCTP. Pesertanya merupakan para siswa-siswi yang mengabdikan dirinya menjadi bagian dari fungsionaris kepramukaan di sekolahnya masing-masing. Smansade sebagai sekolah dengan laju progresif mengirimkan kontigen representasinya dalam ajang tersebut. Terdiri dari tiga putra dan tiga putri dari Dewan Ambalan Trisula (DAT) SMAN 1 Demak.

Keenam peserta didik yang mewakili sekolah dalam ajang tersebut adalah: (1) Danang Waskito Aji (XI-5), (2) Muhammad Afrizal (XI-8), (3) Kevin Ryra (X-2), (4) Alya Putri Kirani (XI-3), (5) Yalla Zidnassyafaa Eldana (XI-4), (6) dan Citra Ragil Kusuma Astuti (XI-10). Keenamnya terpilih setelah melalui seleksi ketat secara internal dan mampu meraih nilai tertinggi diantara kandidat lainnya sehingga layak mewakili sekolah dalam ajang LCTP 2023.

Lomba Cerdas Tepat Pramuka 2023 untuk level SMA/SMK terdiri dari dua tahap dan dibedakan menjadi dua kategori untuk putra dan putri. Pertama adalah babak penyisihan dengan kewajiban setiap tim menyelesaikan soal berjumlah 50 dalam waktu 30 menit. Tim dengan skor tertinggi dan tercepat dalam mengumpulkan berhak melaku ke babak berikutnya. Kedua, babak final bagi tim yang berhasil lolos dari babak penyisihan wajib menyelesaikan 5 soal, melemparkan 5 soal dan memperebutkan 5 soal. Tim dengan nilai tertinggi menjadi pemenangnya.

Kontingen SMAN 1 Demak baik kategori putra maupun putri berhasil menyelesaikan tahapan dalam LCTP 2023 dan berhak menyandang sebagai juara I pada ajang tersebut. Dua piala, dua bukti prestasi, dan dua kategori mampu diamankan.

Salah satu peserta lomba, Citra Ragil Kusuma Astuti mengaku perasaannya campur aduk setelah timnya mengikuti event tersebut.

“Kegiatan LCTP 2023 bikin deg-deg an, nervous, seru, dan tentu bersyukur ternyata tim DAT SMAN 1 Demak mampu memberikan yang terbaik. Semoga pada level LCTP selanjutnya dapat memberikan hasil yang optimal,” terang siswi kelas XI-10 tersebut.

Perjuangan anak-anak pramuka SMAN 1 Demak belum berakhir. Lomba yang dimenangkan tersebut masih dalam tingkat ranting (kecamatan) dan sifatnya berjenjang. Artinya tim DAT Smansade akan melaju ke tingkat cabang (setingkat kabupaten) dimana kesulitannya tentu semakin kompleks dan para kontestannya berada pada level yang berbeda.

Bulan kesembilan dalam kalender masehi sudah hampir habis itu ditutup dengan prestasi pramukanya. Bias Trisula, Getar Trisula, Jaya Trisula! (BA/Hum).

Sekolah Prestasi Pramuka
  1. TULISAN TERKAIT