; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Parade Pentas Seni Warnai GIGAINNOVATION Hari Ketiga

Kamis, 03 Agustus 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 693 Kali

Oleh: Erika Puji Lestari, XI-11 (Jurnalistik SMAN 1 Demak 2022)

Penyunting : Baihaqi Aditya, S.Pd

Smansade Update - Seni adalah keindahan. Budaya adalah bukti nyata agungnya peradaban manusia. Melalui seni dan budaya, terciptalah kreasi yang luar biasa. Melalui Gigainnovation 2023, dewan guru dan murid tampilkan pentas seni dengan kultur lokal berpadu dengan budaya kekinian.

Rabu (02/08/23), tercatat dalam agenda kegiatan bahwa ini adalah hari ketiga perayaan HUT SMA Negeri 1 Demak. Pada hari ketiga ini, fokus kegiatan yang diadakan yaitu unjuk pentas seni oleh dewan guru dan murid-murid. Selain itu, didatangkan beberapa grup musik (band), seperti: Serenity Band, Wew Band, Fantasi Kamar Sepi Band, Kyodaikustik, SongSpire Band, dan bintang tamu utamanya adalah Arah Awan Band.

Kegiatan dimulai dengan apel harian pukul 07.00 WIB. Para siswa-siswi, dengan dresscode kaos putih memenuhi lapangan tengah sekolah. Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd kembali menegaskan jika pentas seni yang ditampilkan harus bermuatan positif, menyenangkan, dan mengembalikan motivasi untuk berprestasi.

“Hari ketiga perayaan HUT sekolah, kita kembali tekankan bahwa semua penampilan pentas seni nanti harus mengandung unsur menyenangkan dan mampu membuat anda sekalian termotivasi menggali ilmu di SMAN 1 Demak. Jadikan HUT ini momen untuk kembali berinspirasi, bersinergi, dan berprestasi. SMAN 1 Demak, cerdas, santun, berprestasi!” terangnya.

Usai sambutan, kepala sekolah kembali membuat heboh membuka pentas seni dengan menyumbangkan lagu "Tak Ingin Usai" dengan perpaduan suara yang seperti mirip seperti pemusik Iwan Fals. Tak ingin kalah dengan murid-muridnya, beliau menyelaraskan dengan alunan gitar yang dimainkan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk para pemenang dari lomba FLS2N-S, OSN-S dan lomba guru. Momen langka kembali tersaji melalui penampilan seni rebana dari grup Al-Nababa yang diorganisir ibu-ibu guru SMA N 1 Demak dan berkolaborasi dengan Rebana Al-Anjam Smansade. Tepuk tangan meriah pun mengisi ruang-ruang udara lapangan tengah.

Tampilkan pentas seni sebagai bagian dari hiburan dan pengenalan kultur lokal

Berturut-turut, penampilan dari ekstrakurikuler Smansade berikutnya meliputi: taekwondo, Lnb, seni tari, dan ansambel. Bertambah menarik, dengan adanya penampilan ceremony dari angkatan kelas XI dan XII. Tak lupa, juga band-band undangan membawakan lagu-lagu kekinian bahkan grup musik tersebut juga diisi oleh bapak/ibu guru yang passion pada bidang tersebut.  Acara pun ditutup oleh band Arah Awan yang membawakan berbagai lagu berlirik jawa yang saat ini sedang hype di kalangan pelajar masa kini seperti: sanes dan nemen. Hampir semuanya ikut menikmati alunan lagu-lagu yang dibawakan dengan berbagai macam ekspresi.

"Seru dan keren! Tentunya warga Smansade ikut berdendang dengan  pertunjukan-pertunjukan seni yang disajikan. Kami paham, pasti untuk mempersiapkan rangkaian acara ini membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang tidak sedikit. Thank you untuk pihak penyelenggara dan panitia. Keren banget!” jelas dengan antusias testimoni dari siswa SMAN 1 Demak.

Seni, budaya, dan pertunjukan pentas seni. Beresonansi menjadi satu mengisi hari ketiga perayaan Dies Natalis Smansade ke-59 dengan semangat menggembirakan serta menginspirasi. (EPL/BA/Hum).

Sekolah Hutsmansade59 Seni
  1. TULISAN TERKAIT