; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Efektifkan Pembelajaran di Bulan Ramadan, Sekolah Gelar Tiga Kegiatan Secara Bersamaan

Kamis, 06 April 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 598 Kali

Smansade Update- Proses pembelajaran selama ramadan tetap diberlangsungkan. Melalui formula yang tepat, setiap jenjang kelas dapat terlingkup kepentingannya dalam satu waktu. Pesantren Ramadan, KBM, dan PSAJ berlangsung pada waktu yang bersamaan.

Sejak Senin (3/04/23) hingga nanti Kamis (13/04/23) pemandangan sedikit berbeda terlihat di lingkungan SMAN 1 Demak. Hal tersebut dikarenakan kebijakan sekolah yang melangsungkan tiga kegiatan dalam waktu bersamaan. Demi mengefektifkan kegiatan pembelajaran selama Bulan Ramadan.

April merupakan bulan-bulan krusial sekaligus 'penutup' untuk kelas XII. Lima belas mata pelajaran terakhir yang diujikan harus diselesaikan sebagai salah satu syarat kelulusan. Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) 2022/2023 merupakan tajuk kegiatannya.

Berkaitan dengan diselenggarakannya PSAJ, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Waluyo Sudarmo, S.Pd., M.Pd., M.Si dalam penjelasannya dalam rapat koordinasi menjelang PSAJ menekankan bahwa ujian tidak hanya berorientasi pada nilai yang didapat, tetapi lebih ke penekanan pendidikan karakter.

"Kejujuran adalah hal pertama dan utama yang kita gaungkan pada pelaksanaan PSAJ. Sebagai instansi pendidikan, tentunya sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memastikan anak didik dilatih, dididik, dan dibiasakan memiliki moral-moral positif dalam kehidupan bermasyarakat nanti. Kejujuran salah satu elemen pentingnya," ujar guru fisika tersebut.

Terbagi  menjadi dua belas ruang, sistem pelaksanaan PSAJ berbasis online melalui e-learning dengan tipe soal pilihan ganda. Setiap peserta didik menggunakan gawai masing-masing untuk dapat mengakses dan mengerjakannya. Dipandu oleh proktor dan pengawas agar pengerjaan semakin kondusif. Apabila dalam pelaksanaan terdapat tindakan-tindakan yang mencederai asas kejujuran, maka dipastikan nilai akhir dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Jadwal tes selama berlangsung dimulai pukul 07.30 WIB dan usai pada pukul 12.00 WIB. Pengecualian pada PSAJ hari terakhir nanti (13/04/2023) yang berlangsung hingga pukul 14.30 WIB karena memuat tiga mata pelajaran.

Pekan Sumatif Akhir Jenjang, medan tempur terakhir yang diperjuangkan untuk mematrikan hasil akhir sesuai harapan dengan asas kejujuran.

 

Pesantren Ramadan dan KBM Tetap Berjalan

Formula baru dirumuskan sekolah. Sementara kelas XII berjuang dengan PSAJ, maka kelas X dan XI tetap berkegiatan di sekolah dengan sistem shifting setiap harinya hingga tanggal 13 April mendatang. Kegiatan keagamaan bertajuk Pesantren Ramadan beriringan dengan pembelajaran reguler di kelas.

Mulai tanggal 03 April 2023 April, aula sekolah akan menggemakan giat-giat memperingati ramadan yang digalang oleh ROHIS SMAN 1 Demak sebagai corong organisasi agama Islam di lingkungan sekolah.

Sistem shifting yang dimaksud adalah pergantian jadwal. Misalkan, untuk Senin (03/04/23) kelas X dijadwalkan mengikuti Pesantren Ramadan sedangkan kelas XI kegiatan belajar mengajar berlangsung seperti biasanya. Esoknya, gantian kelas XI yang berpartisipasi pada Pesantren Ramadan dan kelas X pembelajaran reguler di kelas.

Kegiatan Positif Bernuansa Religi di Bulan Penuh Berkah

Choerul Rozak, S.Pd.I., M.Pd, salah satu pembina ROHIS SMAN 1 Demak menyatakan jika kegiatan Pesantren Ramadan selaras dengan tujuan yang berorientasi kebutuhan peserta didik.

"Kultur-kultur progresif sekolah seperti Pesantren Ramadan memang seyogyanya selalu ada. Diharapkan dapat meningkatkan tingkat relijiusitas peserta didik selama bulan Ramadan dengan diisi kegiatan-kegiatan yang bermakna," ungkap guru yang juga menjadi ketua PERGUNU Demak periode 2021-2026 itu.

Ragam selama Pesantren Ramadan dikemas dengan banyak kegiatan. Pada minggu pertama berisi pembacaan Asmaul Husna, Tilawah Al-Qur'an, Khataman 30 juz ‘amma, membuat seni kaligrafi arab, kultum, dan kuis interaktif. Berlanjut di minggu kedua, jadwal kegiatan difokuskan pada pembuatan mading ramadan dan sambung juz ‘amma.

Pesantren Ramadan, berkualitas membangun generasi cerdas, bergerak satukan langkah di bulan suci penuh berkah.

Tidak memilih salah satu dan mengorbankan yang lainnya. Justru semua kegiatan dibingkai dalam kebersamaan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Utamakan aspek kejujuran sembari mendapatkan pengalaman berharga di Bulan Ramadan. (BA/Hum).

Sekolah Ujian Ramadhan
  1. TULISAN TERKAIT