; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Persiapkan Diri Lebih Matang, Sekolah Helat Seleksi Pra-KSN 2023

Minggu, 12 Maret 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 255 Kali

Smansade Update- Satu langkah lebih awal dari rangkaian proses panjang untuk menasbihkan eksistensi juara di ranah akademi. Seleksi massal digelar demi mendapatkan output terbaik.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kompetisi bergengsi antar sekolah. Indikator tingkat pencapaian akademik salah satunya diukur menggunakan kompetisi tersebut. Tidak heran, satuan pendidikan berlomba untuk mengirimkan representasi-representasi terbaiknya untuk berpartisipasi. Sekolah yang telah memiliki nama besar ingin tetap mempertahankan marwah keunggulan akademiknya. Sedangkan sekolah-sekolah kuda hitam menjadikan KSN sebagai ajang pembuktian. Masing-masing memiliki misi dan kepentingan didalamnya,tak terkecuali SMAN 1 Demak.

Jumat (10/03/2023) siang suasana riuh namun tertib membahana di aula sekolah. Sebanyak 180 peserta berseragam pramuka telah hadir dan mengikuti instruksi dari dewan guru yang diberi amanah untuk mengawal seleksi pra-KSN tingkat sekolah.

Terdapat sembilan subjek KSN yang diseleksikan. Antara lain: astronomi, biologi, ekonomi, fisika, kimia, geografi, kebumian, informatika, dan matematika.

Seleksi terbuka pra-KSN 2023 tingkat sekolah bersifat penawaran. Hasilnya sebanyak 180 peserta yang mengikuti seleksi. Mereka berasal dari jenjang kelas X dan XI yang telah mengisi formulir digital.

Persebaran jumlah peserta dengan subjek KSN dapat dikatakan beragam. Posisi paling banyak memilih biologi (38 peserta) sedangkan fisika yang terminimalis (12 peserta). Berikut rinciannya: astronomi (13), biologi (38), ekonomi (18), fisika (12), kimia (23), geografi (17), kebumian (13), informatika (23), dan matematika (22).

Kompetisi lokal demi output yang maksimal

 

Arnida Dewantari, S.Pd., M.Pd yang menjadi salah satu dari dewan guru penyelenggara kegiatan seleksi KSN menuturkan tujuan, harapan, dan optimismenya untuk event tahun ini.

“Seleksi tingkat sekolah digelar untuk mendapatkan bibit-bibit yang terbaik dari setiap subjek KSN yang diujikan. Nantinya mereka yang terpilih akan mendapatkan bimbingan tingkat lanjut, khusus, dan terintegrasi agar mendapatkan hasil sesuai target dan harapan sekolah. Tahun lalu empat perwakilan Smansade berhasil tembus hingga tingkat provinsi, maka tahun targetnya harus melebihi pencapaian tahun lalu. Minimal setidaknya ada lima perwakilan Oleh sebab itulah persiapan lebih awal dan matang digiatkan,” ujar guru pengampu mata pelajaran kimia tersebut.

Hasil seleksi akan diumumkan lebih lanjut. Nantinya tiap subjek KSN akan diambil lima yang terbaik. Secara resmi, peserta-peserta yang terpilih akan berkompetisi di tingkat kabupaten sebagai gerbang awalannya.

Mempersiapkan lebih awal untuk harapan hasil yang maksimal. Event KSN 2023 akan segera datang. Smansade optimis untuk tetap menjadi pemenang! (BA/Hum).

Sekolah Ksn Prestasi
  1. TULISAN TERKAIT