; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Kuatkan Kepekaan pada Lingkungan dengan SEMUT BERJALAN 2023

Minggu, 05 Pebruari 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 291 Kali

Oleh: Dinda Cahya Maghfiroh (Jurnalistik SMAN 1 Demak 2023)

Smansade Update- Keberadaan sampah sudah menjadi masalah general diberbagai lini kehidupan. Termasuk sekolah sebagai satuan pendidikan. Sebagai bagian dari perlawanan terhadap potensi invasif sampah sekaligus wahana edukasi kesadaran lingkungan, program SEMUT BERJALAN digaungkan.

Jumat (03/02/2023) yang biasanya peserta didik memakai seragam pramuka, hari ini terlihat justru kompak mengenakan pakaian olahraga. Hal tersebut ternyata bagian dari prosedur pelaksanaan melakukan kegiatan SEMUT BERJALAN.

SEMUT BERJALAN merupakan program tahunan yang diinisiasi oleh OSIS SMAN 1 Demak yang berbasis pada kepedulian lingkungan. Kegiatan ini telah menjadi bagian dari kultur progresif sekolah. Awalnya dinamai SEMUT yang berarti Semua Memungut. Tahun 2023 mengalami perkembangan menjadi SEMUT BERJALAN yang secara harfiah Semua Memungut Sambil Jalan.

Kepala sekolah, Solikhin, S.Pd.,M.Pd dalam pembukaan apel menyampaikan jika kebersihan sekolah adalah tanggung jawab bersama seluruh civitas akademika SMAN 1 Demak.

“Kegiatan SEMUT menjadi pengingat kita semua bahwa bahaya dan ancaman sampah adalah hal yang nyata. Mari kita lawan dengan memunguti sampah-sampah yang terlihat agar lingkungan sedap dipandang dan proses pembelajaran lebih nyaman dilaksanakan. Ingat, kebersihan adalah tanggung jawab kita semua sebagai bagian dari keluarga besar SMAN 1 Demak,” ujar kepala sekolah yang mahir bermusik tersebut.

Sampah yang terlihat di lingkungan sekolah, baik yang organik maupun anorganik menjadi target ‘buruan’ utama dalam SEMUT BERJALAN. Diikuti oleh kelas X dan XI yang jika ditotal berjumlah 24 kelas dan telah dibagi-bagi area penyisirannya. Kegiatan perburan sampah dimulai.  

Teknisnya, pihak panitia OSIS memberi trash bag (kantong plastik berukuran besar) kepada setiap kelas untuk memunguti sampah di area sekolah. Setelah selesai, setiap trash bag dari kelas ditimbang. Hasil timbangan terberat menjadi faktor kunci penentu pemenang dalam event SEMUT BERJALAN.

SEMUT BERJALAN tidak hanya dilakukan secara internal, melainkan juga eskternal seperti area depan dan samping luar sekolah. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 09.30 WIB.

Berburu sampah disekitar lingkungan sekolah

Pukul 11.00 WIB diumumkan tiga pemenang SEMUT BERJALAN 2023, yaitu kelas X-9, X-3, dan XI-MIPA 1. Oktaviana Ramandhani, salah satu siswi dari X-9 mengungkapkan rasa senangnya dan merasakan benefit dari kegiatan tersebut.

“Tidak menyangka, ternyata dengan mengikuti kegiatan SEMUT BERJALAN kelas X-9 meraih juara pertama. Keren banget. Lingkungan pun terlihat lebih bersih dan sedap dipandang. Alhamdulillah pula, menjadi juara pertama, sekarang kelas X-9 memiliki alat pengepel lantai. Terima kasih OSIS Smansade, semoga kegiatan positif ini dapat terus diprogramkan agar sekolah selalu terjaga kebersihannya,” ungkapnya dengan menggebu-gebu.

Kebersihan merupakan tanggung jawab bersama. Lebih dari itu, dengan menjaga kebersihan juga mengamalkan ajaran agama yang salah satu aspeknya adalah kebersihan sebagian dari iman.

SEMUT BERJALAN 2023, Make it Clear and Green! (DCM/BA/Hum).

Sekolah Kesiswaan Semut
  1. TULISAN TERKAIT