; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Saling Berbagi Kehumanisan melalui Kegiatan DORAS

Rabu, 18 Januari 2023 ~ Oleh Umi Tsaniyatul Latifah ~ Dilihat 347 Kali

Smansade Update- Darah biasanya dikaitkan dengan hal yang menyeramkan, suram, dan menyakitkan. Tetapi melalui kegiatan donor darah, predikat-predikat negatif tersebut sirna. Tergantikan frasa yang humanis: berbagi dan menyelamatkan.

Selasa pagi (17/01/23), aula SMAN 1 Demak terlihat ramai. Tampak pemandangan alat-alat kesehatan, tenaga medis, dan tandu pasien mengisi titik-titik lokasi. Usut punya usut,  PMR Wira SMA Negeri 1 Demak sedang menyelenggarakan DORAS (Donor Darah Siswa) yang dapat terlaksana berkat jalinan afiliasi dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Demak.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata program kerja tiga bulanan ekstrakurikuler PMR Wira Smansade. DORAS menjadi salah satu momentum tepat guna mengkampanyekan pentingnya donor darah bagi kesehatan masyarakat khususnya warga SMA Negeri 1 Demak.

Hal ini disampaikan langsung oleh Niken Rosita, ketua PMR Wira periode 2022/2023.

“Kegiatan DORAS merupakan kultur positif dari program kerja PMR SMAN 1 Demak. Melalui DORAS, diharapkan menumbuhkan dan menguatkan rasa peduli kepada sesama. Mengingat kebutuhan akan darah kepada yang lebih membutuhkan sangat penting. Give blood and save life,” ujarnya dengan semangat.

Dijelaskan juga benefit apabila seseorang mendonorkan darahnya. Tubuh akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor. Kemudian, semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel-sel darah merah yang baru. Proses pembentukan sel-sel darah merah baru inilah yang akan membantu tubuh tetap sehat sehingga membantu dalam bekerja agar lebih efisien dan produktif.

Dewan guru juga berpartisipasi dalam donor darah

Terdapat persyaratan agar dapat menjadi pendonor darah. Diantaranya: berusia minimal 17 tahun, berat badan minimal 47 kg, tekanan darah normal, denyut nadi teratur, kondisi fit, dan suhu tubuh normal.

Tercatat sebanyak 58 peserta sudah berpartisipasi menjadi pendonor darah pada kegiatan yang selesai sekitar pukul 11.00 WIB tersebut. Tidak hanya siswa-siswi yang memenuhi syarat saja yang menjadi pendonor, terlihat pula dewan guru dan tenaga kependidikan juga mendonorkan darahnya.

Kemanusiaan merupakan hal utama sebagai bentuk kepedulian kepada sesama yang ditunjukkan dengan aksi nyata. Salah satunya melalui kegiatan DORAS. Ayo donor darah, give your blood and save the life! (UTL/BA/Hum).

Sekolah Kesiswaan Kesehatan
  1. TULISAN TERKAIT