; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Peringati Hari Pahlawan, SMAN 1 Demak Selenggarakan Upacara

Kamis, 10 November 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 394 Kali

SMAN 1 Demak Update - …Telah gugur pahlawanku, tunai sudah janji bakti…, untaian lirik Gugur Bunga menggema di udara dalam rangkaian proses upacara. Civitas SMAN 1 Demak tengah memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022.

Kamis (10/11) diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia. Setiap instansi pemerintah menggelar upacara bendera sebagai wadah untuk kembali merefleksi perjuangan para pahlawan di masa lampau agar Republik Indonesia lepas dari belenggu penjajahan. Waktu, darah, harta, jiwa, bahkan raga dikorbankan agar generasi setelahnya dapat hidup secara bermartabat, makmur, egaliter, dan mulia di mata dunia.

Pagi itu, pakaian adat nusantara dikenakan oleh dewan guru dan tenaga pendidikan sedangkan bagi peserta didik memakai seragam OSIS sebagai perwujudan pelajar menengah atas. Upacara dimulai tepat waktu pukul 07.00 WIB.

Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd menyampaikan,  jika pemuda generasi milenial wajib meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan dengan tetap mengedepankan belajar dan mengukir prestasi.

“Para pahlawan nasional telah menyerahkan segala yang mereka miliki agar generasi-generasi selanjutnya, seperti anda-anda dapat menjalani hidup lebih baik. Maka jawablah harapan besar dari para pendahulu dengan selalu memprioritaskan belajar sebagai hal yang utama," Katanya.

lebih lanjut Solikhin mengatakan, ukirlah prestasi-prestasi positif sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tetap kita pertahankan dan gaungkan bahkan lebarkan nama besar sekolah tercinta ini agar tetap eksis dengan prestasi-prestasi yang diraih,” imbuhnya.

"Sekarang ada kebijakan baru dari pusat pemerintah pusat yaitu dengan diperdengarkannya Pancasila melalui pengeras suara setiap pukul 10.00 WIB. Ketika hal tersebut terjadi, maka peserta didik wajib berdiri, sikap sempurna dan mendengarkannya dengan seksama. Tujuan kebijakan baru ini adalah agar masyarakat Indonesia, khususnya para pelajar selalu ingat bahwa ada nilai-nilai Pancasila yang harus mereka resapi dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari," Ungkap Mantan Kepala Sekolah SMAN 2 Mranggen.

Pahlawan, secara ringkas dapat diartikan kepada personal-personal yang memiliki pengorbanan, keberanian, dan perjuangan yang besar untuk negaranya. Para pahlawan berjuang melawan tantangan zamannya masing-masing. Beberapa contoh seperti Sultan Agung Honyokrokusumo (1593-1645) gigih melawan dominasi kongsi dagang Belanda yang saat itu mencengkeram Pulau Jawa. Kemudian ada Martha Christina Tiahahu (1800-1818) yang menjadi salah satu pahlawan dengan usia termuda (17 tahun) yang mengisi hari-hari remajanya dengan berjuang secara langsung melawan dominasi Belanda yang saat itu menyebabkan penderitaan bagi penduduk Kepulauan “surga rempah-rempah”, Maluku. Lalu, pahlawan emansipasi wanita, R.A Kartini (1879-1904) yang kiprahnya mengangkat derajat wanita Indonesia. Beberapa contoh tersebut memiliki nilai-nilai perjuangannya yang dapat dipelajari, dihayati, diserap, dan dimaknai oleh generasi abad 21.

Sesuai dengan tema Hari Pahlawan tahun 2022 "Pahlawanku Teladanku”.(BA/Cr/Hum).

Sekolah Upacara Pahlawan
  1. TULISAN TERKAIT