; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Cegah Anemia, SMAN 1 Demak Giatkan Minum Tablet Tambah Darah Bersama-Sama

Sabtu, 24 September 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 838 Kali

SMAN 1 Demak Update- Aba-aba untuk menelan bersama dilontarkan. Tablet-tablet kemasan obat mulai masuk ke dalam melalui mulut, melewati tenggorokan, dan diproses didalam pencernaan. Hari itu, siswi-siswi SMAN 1 Demak terapkan gaya hidup sehat remaja putri secara beraturan.

Hidup sehat merupakan dambaan setiap insan. Melalui program hidup sehat, SMAN 1 Demak bekerjasama dengan Puskesmas Demak III. Sasaran prioritas dari program ini adalah siswi-siswi kelas X, XI, dan XII khususnya yang perempuan.

Kepala sekolah melalui Guru UKS Sekolah Dwi Wahyuningsih, S.Pt mengatakan, Tablet Tambah Darah (TTD) merupakan salah satu solusi yang diberikan kepada Puskesmas Demak III untuk menerapkan pola hidup sehat dikalangan siswi-siswi SMAN 1 Demak. Tujuannya utamanya yaitu mencegah potensi anemia dikalangan siswi-siswi SMA. 

“Tablet Tambah Darah merupakan salah satu usaha agar mencegah anemia (kekurangan darah). Sasaran yang diutamakan tentu siswi-siswi SMA yang rentang kehilangan banyak darah, terutama ketika memasuki masa datang bulan. Melalui kegiatan positif ini, kita berharap taraf kesehatan darah siswi-siswi kita berada dalam level yang aman,” kata guru biologi tersebut.

Mekanisme konsumsi tablet tambah darah dilingkungan sekolah, yaitu setiap hari Jumat selepas istirahat pertama. Bapak/Ibu guru pengampu mata pelajaran di kelas, sebelum mulai aktifitas pembelajaran membagikan tablet-tablet kepada siswi-siswi kemudian secara bersama-sama mengkonsumsinya. Diwajibkan sebelum mengkonsumsi tablet tambah darah, siswi-siswi mengkonsumsi asupan makanan bergizi (karbohidrat, protein, mineral, vitamin).

Ditelisik dari laman puskesmasandalas.go.id, salah satu alternatif solusi untuk mencegah anemia selain mengkonsumsi tablet tambah darah adalah:

(1)  Meningkatkan konsumsi harian makanan bergizi yang kaya akan zat besi, seperti : ikan, daging, sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan;

(2) Fortifikasi bahan makanan yang mengandung zat besi diantaranya pada tepung terigu,beras, dan mentega.

Anemia memang menjadi problem laten bagi remaja putri. Tetapi melalui penerapan pola hidup sehat dengan rajin mengkonsumsi makanan berzat besi yang tinggi, olahraga teratur, dan di-support dengan tabel tambah darah, ancaman anemia tidak lagi menjadi masalah. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Kesehatan
  1. TULISAN TERKAIT