; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Semarakkan HUT Kemerdekaan, Sekolah Gelar Berbagai Lomba

Jum'at, 19 Agustus 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 696 Kali

SMAN 1 Demak Update- Agustus merupakan bulan beraroma suka cita untuk Bangsa Indonesia. Kedaulatan yang diraih dengan penuh pengorbanan dari para pahlawan dan pejuang kemerdekaan dapat dirasakan oleh generasi saat ini. Salah satu bentuk perayaannya dengan nuansa kebahagiaan diwujudkan dalam bentuk lomba-lomba. 

Terik mentari pada Kamis siang (18/08/22) sudah merambah horizon lapangan utama SMAN 1 Demak. Akan tetapi, bukannya menghindar dari sinar Surya, justru siswa-siswi antusias dengan euforia yang diselingi histeria. Tak lain karena sedang berlangsung GKK (Gelar Kompetensi Kemerdekaan) oleh OSIS SMAN 1 Demak.

Melibatkan seluruh jenjang kelas, GKK memiliki empat jenis lomba yang diselenggarakan untuk memeriahkan momen kemerdekaan. Keempat kompetensi tersebut antara lain;

Futsal special, sepak futsal yang dimainkan oleh siswa laki-laki yang mewakili kelasnya masing-masing. Uniknya, untuk menambah kesan lucu dan meriah, para pemain diharuskan mengenakan daster yang notabene merupakan pakaian yang sering digunakan oleh ibu-ibu. Tim dengan skor tertinggi dalam waktu 10 menit keluar sebagai pemenang.

Balap karung merupakan lomba lain yang dikompetisikan. Sifatnya individu yang menjadi representasi kelas. Peserta mengenakan karung goni, kemudian memakai helm dan diharuskan loncat sambal jongkok. Pemenang ditentukan ketika ada yang pertama kali mencapai garis finish yang telah ditentukan.

Jarum air, lomba memecah air secara konvensional. Hanya saja piranti untuk memecahkan balon air tidak menggunakan pelepah pisang, melainkan jarum yang dipasang pada topi berbentuk bola. Peserta ditutup matanya, lalu melompat-lompat hingga balon air yang menggantung diatasnya pecah.

Kemudian, kompetisi yang membutuhkan kerjasama dan bersifat rangkaian, yaitu pakebol (panjang-panjangan bola) Konsepnya barang-barang bekas seperti kaos kaki, tali sepatu, sabuk, diatur sedemikian rupa hingga membentuk barisan panjang hingga baris akhir. kemudian peserta pada pos selanjutnya, yang sudah dipakaikan semacam tas kardus berlubang tengah harus dapat mengeluarkan bola yang ada didalam. Diakhiri dengan  lomba makan kerupuk.

Tidak hanya siswa saja yang berlomba, dewan guru SMAN 1 Demak pun turut memeriahkannya dengan berpartisipasi dalam lomba voli air dan permainan keseimbangan yang diinisiasi oleh mahasiswa PPL Unnes. Lapangan depan menjadi arena keseruan kompetisi yang diikuti oleh guru-guru SMAN 1 Demak.

Gelar Kompetensi Kemerdekaan, melibatkan pendidik dan peserta didik merupakan wahana positif dalam mengisi perayaan kemerdekaan negeri dilingkungan civitas akademi. (Ba/Cr/Hum).  

Sekolah Lomba Kesiswaan
  1. TULISAN TERKAIT