; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Lomba Seni dan Sastra Rangkaian Perayaan HUT ke 58 SMAN 1 Demak Tahun 2022

Jum'at, 29 Juli 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 677 Kali

SMANSADE Update- Memunculkan dan menumbuhkan ekspresi diri dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebagai lembaga yang perhatian terhadap bakat dan minat anak, sekolah memfasilitasi wadahnya. Kompetisi bertajuk seni dan sastra pun terselenggara. Demi mendapatkan bibit-bibit potensial didalamnya.

Kalender masehi 2022 menunjukkan sinyal Bulan Juli akan segera berakhir. Minggu akhir bulan ketujuh tersebut, sekolah dilanda euphoria. Banyak kegiatan yang telah diagendakan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun sekolah ke-58 yang jatuh pada 01 Agustus 2022 mendatang.

Selasa (26/07/2022) pagi, cuaca cerah seperti biasanya. Civitas akademika SMAN 1 Demak berkumpul dilapangan utama untuk mengikuti apel pembukaan kegiatan HUT SMAN 1 Demak ke-58.

Apel dibuka Wakil Kepala bidang sarana dan prasarana, Kariyanto, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya merayakan hari jadi sekolah dengan lomba-lomba yang positif, dengan berbagai lomba sekaligus dapat menyalurkan potensi-potensi yang dimiliki warga sekolah, khususnya dibidang seni dan sastra. 

Dibawah kanopi alam berbentuk pohon beringin dengan dedaunan rimbun yang menyelimuti, musik pengiring mulai mengalun lembut. Berpadu dengan nada-nada yang bermelodi. Lirik-lirik berubah menjadi beragam jenis suara. Audien memberi dukungan. Mengitari lapangan takraw sebagai wadah kompetisi. Lomba vokal suara telah dimulai.

Bersenandung dibawah rindangnya beringin.

Sementara itu, petikan senar gitar menggema dari tangan-tangan terampil yang memainkannya. Menciptakan musik instrumental yang dibawakan peserta. Pada salah satu ruang kelas, tepatnya kelas XI-MIPA1/X-1 2022 itu pula lomba guitar solo sudah mulai berjalan.

Dinding-dinding bercat salem memantulkan suara-suara penuh penghayatan. Lantang, kuat, terkadang lembut, kemudian nyaring kembali. Beresonansi dengan ekspresi pembacanya. Aula sekolah disulap menjadi tempat diselenggarakannya lomba baca puisi.

Vokal suara, guitar solo, dan lomba baca puisi menjadi tiga menu yang tersaji pada hari itu. Masing-masing kompetisi diikuti oleh perwakilan 24 kelas (kelas X dan XI). Kompetisi berbalut “penyaringan” dalam menghadapi ajang FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) mendatang yang telah menjadi agenda tahunan dunia pendidikan.

Hari Ulang Tahun sekolah, tidak hanya memaknainya dengan perayaan penuh kegembiraan. Melainkan juga diefektifkan guna mencari bibit penerus untuk memastikan eksistensi almamater tercinta. (Ba/Cr/Hum).  

Sekolah Seni Hutsmansade58
  1. TULISAN TERKAIT