; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Siswa SMAN 1 Demak Ikuti Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Tingkat Provinsi Tahun 2022

Rabu, 11 Mei 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1107 Kali

SMANSADE Update-Mentari bersinar terik. Merambatkan hawa panasnya langsung ke horizon lapangan utama. Titik-titik kecil yang menghuni lapangan itu terlihat cukup ramai. Tetes keringat, wajah tegas, dan sikap sempurna menjadi pemandangan diri dari tiap peserta seleksi. Memperebutkan dua formasi untuk dipilih ke tingkat provinsi. Berharap menjadi representasi membanggakan bagi Kota Wali. Seleksi Calon pengibar bendera tingkat propinsi (CAPASPROV)) 2022 pun dimulai.

Surat edaran dengan nomor 427/223 yang dikeluarkan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (DINPORA) Kabupaten Demak menjadi acuan diadakannya kegiatan seleksi calon PASKIBRAKA Provinsi (capasprov). Edaran tersebut masuk di sekolah-sekolah setingkat SMA/SMK/MA/ sederajat. SMAN 1 Demak ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Mengirimkan dua wakilnya yang telah melalui penempaan fisik dan mental secara berkala.

Ilham Widyatmoko (X-IPS 3) dan Aurensia Novana (X-MIPA 3) terpilih untuk mewakili sekolah. Keduanya merupakan anggota organisasi Paskibra BARATA SMAN 1 Demak. Sebelumnya, keduanya telah menyisihkan rekan-rekan sejawatnya melalui kompetisi internal yang digelar organisasi. Kemampuan dasar baris berbaris, ketahanan fisik, dan pembentukan mental yang menjadi syarat mutlak calon pasukan pengibar bendera telah diberikan dengan intensif.

 

Lapangan Gedung Pramuka Kwarcab Kabupaten Demak dijadikan arena seleksi. Selasa (10/05/2022) seleksi dimulai  pukul 07.30 WIB. Pihak DINPORA Kabupaten Demak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak dan KODIM 0716 Demak turut hadir mengawal jalannya seleksi. Terpantau sebanyak 17 siswa putra dan 14 siswi putri turut ambil bagian didalamnya.

Institusi KODIM 0716 langsung sebagai instruktur lapangan. Setiap peserta dilihat, dan dinilai kemampuan baris berbarisnya. Sikap sempurna, jalan di tempat, dan langkah tegap menjadi indikator dasarnya. Postur yang ideal meliputi tinggi dan berat tubuh juga menjadi acuan. Ketahanan fisik diujikan dalam bentuk sprint. Keadaan tersebut didukung dengan seiring bergeraknya waktu, sinar sang surya juga bertransformasi menjadi tantangan tersendiri. Seleksi hari pertama selesai pukul 11.00 WIB.

Rabu (11/05/2022) jadwal hari kedua seleksi. Masih dilokasi yang sama, yakni area Gedung Pramuka Kwarcab Kabupaten Demak. Acara dimulai pukul 07.30 WIB. Calon anggota pasukan pengibar bendera yang terpilih pada level provinsi juga dituntut selain prima dalam kemampuan fisik, juga unggul pada aspek akademik. Oleh sebab itulah, peserta diberikan tes tertulis yang meliputi tema bela negara dan wawasan kebangsaan. Selain itu juga diuji kemampuan menyanyikan lagu-lagu nasional serta praktek berbahasa Inggris. Rangkaian seleksi yang mengkonsumsi waktu hingga dua hari tersebut rampung jam sepuluh pagi.

Barisan peserta siswi putri memperagakan kemampuan baris-berbaris yang dikuasai.

Kepala SMAN 1 Demak melalui wakil kepala bidang kesiswaan, Winarno, S.Pd., M.Pd menuturkan urgensinya kegiatan seleksi capasprov 2022 dan optimismenya terhadap perwakilan SMAN 1 Demak dalam gelaran tersebut.

“Untuk mendapatkan yang terbaik guna mewakili Kabupaten Demak di tingkat provinsi, seleksi-seleksi seperti ini sifatnya sangat penting. Aspek fisik dan kecerdasan berperilaku serta berwawasan luas tentu menjadi indikator yang pasti. Alhamdulilah, rekam jejak dari anak-anak yang mewakili SMAN 1 Demak pada ajang tersebut cukup baik. Artinya kita rutin mengirimkan wakil ke tingkat provinsi. Semoga tahun ini track record yang bagus tersebut dapat dipertahankan”, ujar guru yang juga memiliki hobi berkebun tersebut.

Matahari semakin meninggi. Begitu pula harapan setiap peserta seleksi yang tenaga, waktu, dan pikirannya dicurahkan untuk dua hari. Harapan untuk dapat mematrikan kisah manis bagi pribadi, membawa harum nama instansi yang diwakili, dan mampu berbicara banyak sebagai perwakilan Demak di tingkat provinsi nanti. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Paskibra
  1. TULISAN TERKAIT