; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

428 Siswa kelas XII ikuti Ujian Sekolah secara daring, Kepala Sekolah : Pelaksanaan mulai hari ini hingga 8 April mendatang

Kamis, 01 April 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 801 Kali

SMANSADE- Kelas XII SMAN 1 Demak hari ini sampai tanggal 8 April 2021 mengikuti pelaksanaan ujian sekolah tahun 2021 secara Daring. Dilaksanakan secara daring karena pelaksanaannya masih pada masa pandemi covid -19. US salah satu indikator  selesainya siswa mengikuti proses pembelajaran di sekolah.  

 

Pelaksanaan US secara Daring sesuai dengan edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor I Peniadaan Ujian Sekolah dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid -19) serta edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 421/02660 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah, Kelulusan Peserta Didik, dan Kenaikan Kelas di Satuan Pendidikan SMA,SMK, SLB di Provinsi Jawa Tengah.

 

Selain edaran tersebut, pelaksanaan Ujian Sekolah di SMAN 1 Demak berdasarkan pada Surat keputusan Kepala Sekolah nomor : 423.7/148/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah SMAN 1 Demak Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Ada 12 mata pelajaran yang harus di ikuti siswa selama US berlangsung, baik program MIPA maupun IPS. Sedangkan Mapel yang di US kan Bahasa Indonesia, Pai&Bp/Pak, Kimia, Fisika, PPKn, Bahasa Inggris, Matematika (Umum), Sejarah Indonesia, Biologi, Bahasa dan Sastra Inggris, Matematika Peminatan, Bahasa Jawa, Sosiologi, Geografi, Ekomomi, Bahasa Perancis.

 

Di dalam US soal yang dikerjakan siswa jumlanya 40 butir berbentuk pilihan ganda, tidak ada soal esayy nya dengan aplikasi e Learning. Sehingga siswa harus bisa login dengan menggunakan identitas dan pasword masing-masing yang sudah diberikan oleh panitia penyelenggara.

 

Menurut Kepala Sekolah Drs Agus Budi Purwaka disela-sela kunjungan diruang proktor menyampaikan bahwa pelaksanaan mulai hari ini sampai tanggal 8 April mendatang sesuai dengan jadwal yang ada dalam edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dan belum ada kendalam yang cukup signifikan. Sebab anak-anak sudah mempersiapkan sesuai himbauan sekolah. Bahkan anak-anak yang punya masalah dengan perangkatnya, sekolah akan memfasilitasi.” Ucapnya.

 

“Ada dua anak yang mengikuti pelaksanaan US dari sekolah, karena memang dua anak ini faktor jaringan di lingkungan mereka yang kurang stabil. Sehingga anak berinisitaif mengikuti dari sekolah. Bahkan kita punya Lab Komputer 5 dengan kapasitas 125 yang bisa dimanfaatkan oleh anak.” Imbuhnya.

Wahyu Sulistio Alamsyah merasa senang bisa ikut US daring di sekolah, karena saya merasa kuatir jika saya kerjakan dirumah, dan lebih mantap ikut US di laboratorium sekolah dan merasa tenang dalam mengerjakan. kalau di rumah jaringanlah atau kuota atau bisa jadi listrik mati." ungkap kelas XII yang ikut US di sekolah.      

Pelaksanaan ujian sekolah di SMAN 1 Demak di mulai pukul 07.30 sampai jam 15.00 WIB yang terbagi dalam 3 sesi dengan 3 Mata Pelajaran setiap harinya. Dan sesuai dengan POS penyelenggaraan US SMAN 1 Demak bagi anak yang tidak mengkuti US kali ini masih diberikan kesempatan untuk ikut pada Ujian Sekolah susulan tanggal 12 April mendatang. Dan hanya mapel yang tidak di ikuti saja. ( Cr/Hum)         

  1. TULISAN TERKAIT