; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Peserta serius mengerjakan soal-soal dalam seleksi KSN Tingkat sekolah

62 Siswa-Siswi Terbaik SMAN 1 Demak Ikuti Seleksi Kompetisi Sain Nasional Tingkat Sekolah

Kamis, 24 Pebruari 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1452 Kali

SMANSADENews-Kejuaraan akademik menjadi salah satu tolak ukur bukti keberhasilan sekolah dalam mencetak peserta didiknya dalam proses pembelajaran. Kebanggaan, terkenal, dan nama besar akan selalu terpatri didalamnya. Demi mengembalikan marwah DNA juara pada trek yang seharusnya dibidang KSN (Kompetisi Sains Nasional), SMAN 1 Demak menggelar kompetisi tingkat sekolah untuk menemukan bibit-bibit terbaik dari yang terbaik.

Siang itu, Kamis (24/02/2022) kemarin langit begitu cerah. Tak tampak tanda-tanda kembalinya awan gelap yang menampung air langit. Aktivitas berjalan normal seperti biasa. Ketika Pembelajaran Tatap Muka versi 50% diterapkan, siswa-siswi pada umumnya akan segera kembali ke rumah masing-masing begitu bel tanda pulang berbunyi pukul 12.30 WIB. Tetapi tidak bagi 62 peserta didik terpilih yang akan berjuang mengamankan posisi bergengsi mewakili sekolah diajang Kompetisi Sains Nasional.

Aula sekolah menjadi venue diselenggarakannya kegiatan. Telah diformat sedemikian rupa sehingga protokol kesehatan tetap dapat diterapkan dengan baik. Para peserta kompetisi antri dan memasuki aula satu per satu dengan tertib. Menempatkan diri pada posisi yang telah dikelompokkan berdasarkan subjek KSN yang dipilih. Ketika semua telah ready and stand by, acara pun dimulai.

Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd saat sambutan memberikan motivasi kepda para peserta. Ia menuturkan bahwa ini adalah kesempatan langka dan para peserta terpilih dapat mengeluarkan kemampuan maksimalnya. Demi nama besar sekolah, demi progres peserta didik sendiri.

“Anda semua sebagai peserta yang ada di aula ini adalah juara. Anda dikumpulkan untuk dipilih yang terbaik pada masing-masing bidangnya. Kerahkan segala upaya anda. Maksimalkan daya dan usaha. Sekolah mengharapkan hal besar dari diri anda untuk kembali memboyong beragam prestasi KSN nantinya ditingkat Kabupaten. Banyak manfaat baik yang akan menunggu anda dalam kegiatan positif seperti ini. Sekali lagi, Selamat berkompetisi.” Ujarnya.

Seleksi KSN tingkat sekolah dibagi dalam dua hari, hari pertama melibatkan enam subjek. sedangkan hari kedua ada tiga mata mata pelajatan. hari pertama matematika diikuti 11 peserta, biologi 18 peserta, ekonomi 7 peserta, geografi 8 peserta, kimia 13 peserta, dan astronomi 5 peserta. Waktu pengerjaan soal berkisar 60 menit. Sedangkan untuk hari kedua Mata Pelajaran kebumian, TIK, Fisikan. 

salah satu peserta, Putri Nirwana mengatakan “Saya pribadi sangat antusias mengikuti seleksi KSN di sekolah tadi karena dapat mengetahui beragam jenis soal dan tingkat kesulitannya. Sedikit banyak tahu ternyata seperti ini suasana ketika mengikuti lomba olimpiade. Dan ya..memang tadi sangat kompleks materi soalnya. Harapannya semoga hasilnya yang terbaik bagi seluruh peserta tadi dan tentunya untuk sekolah sendiri.” Ungkap siswi kelas XI jurusan MIPA KSN Mata Pelajaran Biologi.

Kompetisi Sains Nasional, tidak hanya sekedar gelaran ajang tahunan tetapi juga wadah untuk mengembalikan  kembali kejayaan prestasi sekolah yang mengikuti. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Ksn Kompetisi
  1. TULISAN TERKAIT