; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

SMAN 1 Demak Tanamkan Gaya Hidup Bersih dengan Gerakan "SEMUT"

Jum'at, 11 Pebruari 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1399 Kali

SMANSADENews- Lingkungan bersih, hijau, dan asri merupakan idaman. Terlebih bagi lingkungan pendidikan. Proses pembelajaran akan terasa lebih nyaman, kondusif, dan efektif.  SEMUT (semua memungut)  menjadi agenda rutin dilingkungan sekolah dalam memenuhi tujuan tersebut.

Jumat (11/02/2022) kemarin, ketika mentari bersinar cerah dan awan mendung tidak menghalangi pancaran sinarnya, diadakan apel pembukaan untuk kegiatan SEMUT. Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd yang menjadi pembina kegiatan tersebut memberikan beberapa petuahnya. Salah satunya memasukkan unsur hidup sehat.

Berdasarkan penuturannya pada sambutan apel, kegiatan SEMUT memiliki banyak manfaat. Melatih gaya hidup sehat, menigkatkan rasa cinta kebersihan dilingkungan sekolah, dan menerapkan anjuran ajaran agama bahwa kebersihan juga sebagian dari iman.

Semua Memungut berinti pada kegiatan bersih-bersih yang melibatkan peran langsung peserta didik. Kegiatan ini digawangi oleh kesiswaan yang kemudian teknisnya ditindaklanjuti OSIS SMAN 1 Demak. Kelas X dan XI ambil bagian sedangkan untuk kelas XII tetap difokuskan mengikuti pembelajaran dikelas.

Sasaran utama dalam SEMUT adalah membersihkan sampah-sampah baik yang organik maupun anorganik yang terlihat diluar kelas seperti taman, lapangan, dan selokan. Peserta didik dengan semangat memungut sampah-sampah yang berserakan dan memasukkannya pada kantong-kantong plastic hitam berukuran besar yang telah disediakan. Tak lupa cuci tangan wajib dilakukan setelah melakukan aktivitas pemungutan sampah. Durasi program SEMUT sekitar 60 menit. Dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 08.00 WIB. Setelah selesai, dilanjutkan kegiatan belajar mengajar seperti sedia kala.

Menjadi budaya kebersihan dilingkungan SMAN 1 Demak, gerakan SEMUT ini juga secara tidak langsung menjadi bukti kesiapan sekolah yang rencananya berpartisipasi kembali pada lomba sekolah adiwiyata dimasa-masa mendatang.

Hidup sehat, sekolah bersih, pembelajaran terasa nyaman, dan berbudaya adiwiyata. SEMUT, clean up your school! (Ba/cr/Hum).

Sekolah Kebersihan Semut
  1. TULISAN TERKAIT