; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Kepala Sekolah: Kegiatan Ekstra Akan Kami Laksanakan dengan tatap muka dengan prokes ketat

Sabtu, 31 Juli 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1081 Kali

SMANSADENews- Pendidikan di sekolah tidak hanya berkutat pada pembelajaran yang bersifat akademik. Ada pula yang disebut dengan kegiatan esktrakurikuler sebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan passion dan mengembangkan potensinya. Demi keberlangsungan kegiatan ekstrakurikuler dilingkungan sekolah, maka diadakanlah rapat koordinasi antara jajaran sekolah, pembina dan pelatih ekstra.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diadakan sekolah diluar program tertulis didalam kurikulum, seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan bagi peserta didik. Dalam hal ini juga mencakup penyaluran hobi dan minat dalam dunia olahraga yang implikasinya baik bagi perkembangan peserta didik dan sekolahan tempatnya bernaung.

SMA Negeri 1 Demak dikenal memiliki jumlah ekstrakurikuler yang cukup banyak. Tercatat per tahun pelajaran 2021/2022 ada sekitar 36 jenis ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh peserta didik, khususnya kelas X.

Akan tetapi, hampir satu setengah tahun semenjak segala kegiatan dibatasi akibat pandemi COVID-19, membuat progress ekstrakurikuler mengalami sedikit perkembangan. Dikhawatirkan apabila berlarut-larut dalam kondisi demikian, bukan tidak mungkin kegiatan esktra akan mengalami “mati suri” dan berdampak kurang baik terhadap sekolah itu sendiri. Oleh sebab itu, demi menyikapi potensi problem tersebut, pihak sekolah menggelar pertemuan dalam rangka penguatan dan koordinasi dengan aturan protokol kesehatan secara ketat.

Jumat (30/07) kemarin bertempat di aula utama sekolah yang lingkup ruangnya sangat luas, pertemuan tersebut dilehat. perwakilan peserta rapat yang terdiri dari pembina dan pelatih ekstra hadir. Rapat dipimpin oleh kepala sekolah dan didampingi wakil kepala bidang kesiswaan sekaligus koordinator ekstrakurikuler.

Drs. Agus Budi Purwaka, M.Pd selaku kepala SMA Negeri 1 Demak menenkankan bahwa kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Demak harus tetap berjalan dengan prosedur dan syarat yang ada menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Pembina dan pelatih diberi amanah untuk tetap menghidupkan ekstrakurikuler sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Memiliki perencanaan kegiatan yang matang, laporan progress serta dokumentasi pengarsipannya. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Jika perlu setiap ekstrakurikuler terintegrasi dengan era digital seperti memiliki kanal youtube untuk mengunggah kegiatan latihan maupun ketika mengikuti event perlombaan. Agar ke depan diharapkan posisi ekstra semakin merasuk dalam jiwa sekolah.” Terangnya

Senada, koordinator ekstrakurikuler, Winarno, S.PD., M.Pd juga menyatakan hal yang sama. “Komunikasi antara Pembina, pelatih, dan peserta didik pada masing-masing ekstra sangat penting. Adanya program rencana yang terstruktur, jurnal kegiatan, dan daftar hadir harus diperhatikan benar. Selain itu membuat dan menilai progres anggota ekstra juga menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi sebagai bentuk pertanggungjawaban dan motivasi peserta didik.” Ungkapnya.

Adapun pramuka, Paskibra, Palang Merah Remaja (PMR), Polisi Keamanan Sekolah (PKS), Pecinta Alam (PA), jurnalistik, Karya Ilmiah Remaja (KIR), rebana, kesenian tari, kesenian lukis ansambel, melodika, rohani Islam, voli, basket, sepak takraw, bulutangkis, taekwondo, pencak silat, senam, tenis meja, Education Reproduction Club (ERC), English Debate Club (EDC), dan science club merupakan ekstrakurikuler yang tersedia dan dapat dipilih oleh peserta didik untuk mengembangkan potensinya.(Ba/Cr/Hum). 

Sekolah Kesiswaan Ekstrakurikuler
  1. TULISAN TERKAIT